Skip to main content

Menggunakan Properti Input Mask di Tabel Access

Properti Input Mask membantu pengguna saat memasukkan data dengan format yang benar. Input mask membatasi cara pengguna untuk memasukkan data ke dalam sebuah field. Sebagai contoh, kita bisa membatasi cara memasukkan nomor telepon, fax, kode pos hanya dengan memasukkan karakter numerik saja (0 s/d 9), tidak ada karakter alfabet/huruf. Input mask dapat diterapkan di berbagai macam objek seperti query, form, dan report.

Nilai properti input mask terdiri dari tiga bagian yang dipisahkan dengan tanda titik koma:   
  • Bagian pertama: berisi simbol yang mengatur pola pemasukan data ke dalam field.
  • Bagian kedua: memerintahkan Access untuk menyimpan karakter literal yang ada di input mask ke dalam field. Sebagai contoh, pola input mask mungkin menyertakan tanda kurung, minus, dan sebagainya untuk disimpan sebagai data. Bagian kedua ini menggunakan nilai 0 bila karakter literal ikut disimpan sebagai data, dan nilai 1 bila hanya data saja yang disimpan (tidak termasuk karakter literal).   
  • Bagian ketiga: karakter yang berfungsi sebagai placeholder. Placeholder adalah karakater berpola sebagai pengganti  untuk membantu pengguna memasukkan sejumlah karakter ke field. Umumnya karakter berpola dibuat dengan menggunakan tanda #, _, atau *.
Karakter berikut ini digunakan untuk membentuk input mask:
  • 0: memasukkan angka dan wajib diisi, tanda + dan – tidak diperbolehkan.
  • 9: memasukkan angka tetapi tidak wajib diisi, tanda + dan – tidak diperbolehkan.   
  • #: memasukkan angka atau spasi tetapi tidak wajib diisi. Spasi dihilangkan saat data tersimpan dalam tabel, tanda + dan – diperbolehkan.
  • L: memasukkan huruf A s/d Z dan wajib diisi.
  • ?: memasukkan huruf A s/d Z tetapi tidak wajib diisi.
  • A: memasukkan angka atau huruf dan wajib diisi
  • a: memasukkan angka atau huruf tetapi tidak wajib diisi
  • &: memasukkan karakter apa saja atau spasi, wajib diisi.
  • C: memasukkan karakter apa saja atau spasi, tidak wajib diisi.
  • . (period): memasukkan angka desimal.
  • , (comma): pemisah ribuan.
  • : (colon): pemisah tanggal dan jam.
  • ; (semicolon): karakter pemisah.
  • -(dash): karakter pemisah.
  • / (forward slash): karakter pemisah.
  • <: menampilkan semua karakter dengan huruf kecil.
  • >: menampilkan semua karakter dengan huruf besar.
  • !: menampilkan input mask dari kanan ke kiri.
  • \: menampilkan karakter secara literal.
Input Mask Telepon Rumah

Input mask bisa diaplikasikan di query atau form saat kita memasukkan data. Tetapi, input mask tidak digunakan saat kita mengimpor data atau menambahkan data dengan menggunakan action query. Dengan demikian, pengaturan perlu tidaknya kita ingin menyimpan karakter pemisah juga harus dipertimbangkan. Seperti dijelaskan di atas, bagian kedua pada input mask dapat digunakan untuk menyimpan karakter literal pada input mask. Bila karakter literal ikut disimpan, sedangkan pada import data atau action query tidak diikutsertakan, maka tampilan data menjadi tidak tepat dan pengguna dapat mengalami salah intepretasi.

Properti Input Mask hanya ditampilkan saat kita memasukkan data ke field. Saat data selesai dimasukkan ke field, maka properti Format akan menampilkan data sesuai dengan nilai yang tercantum pada properti Format.

Wizard Input Mask

Untuk memudahkan pengembang Access merancang Input Mask, Access menyediakan alat bantu berupa Wizard Input Mask. Wizard ini digunakan untuk merancang Input Mask pada field dengan tipe data Text atau Data/Time.

Saat kita mengklik properti Input Mask, di sisi kanan akan terlihat tombol Builder yang terdiri dari tiga titik. Jika tombol Builder diklik, kotak wizard akan terbuka dan kita bisa mulai memasukkan tipe input mask yang diinginkan. Kita bisa memilih salah satu input mask yang sudah disediakan dalam daftar. Setelah itu, klik pada kotak Try It dan memasukkan sembarang nilai untuk melihat bagaimana pemasukkan data bisa dilakukan. Setelah memilih salah satu input mask, layar wizard berikutnya adalah menyesuaikan input mask seperti yang kita inginkan dan memilih simbol yang digunakan. Pada wizard berikutnya, kita diminta untuk memutuskan, apakah karakter tertentu pada input mask ikut disimpan bersama dengan data, atau hanya data saja yang disimpan (tidak termasuk karakter tertentu). Saat wizard selesai, karakter input mask kemudian ditambahkan di properti Input Mask.

Membuat sendiri Input Mask

Kita dapat membuat sendiri Input Mask untuk Text dan Date/Time dengan menekan tombol Edit List pada saat berada di Wizard Input Mask. Kemudian, saat berada di Customize Input Mask Wizard, masukkan nama Description, input mask yang diinginkan, Placeholder, Sample Data, dan Mask Type. Setelah selesai dibuat, Input Mask yang baru akan tersedia saat kita menggunakan Wizard Input Mask. Sekedar tambahan informasi, input mask yang kita buat juga bisa digunakan di database Access yang lain.

Comments

  1. trimakasih bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. mau tanya, apa perbedaan karakter 0 sampai 9 pada input mask ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karakter 0 wajib untuk diisi, karakter 9 tidak wajib untuk diisi. Dua-duanya untuk memasukkan karakter angka dari 0 sampai 9, karakter lain tidak diperbolehkan.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mas, bagaimana menghapus karater Spasi, Tab, dan Enter di akhir text pada suatu field ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. serta menghapus gabungan dari ketiganya

      Delete
    2. Buat saja fungsi yg bisa mengidentifikasi space(1), vbTab, vbCrlf, atau vbNewLine. Gunakan fungsi Left dan Right bersamaan.

      Untuk menghapus spasi, gunakan saja fungsi Trim.

      Delete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access