Skip to main content

Mengkompile File Database dari Accdb ke Accde di Access 2010, 2013, dan 2016

Kita dapat menyimpan database Access menjadi file yang bisa dieksekusi, yaitu dengan mengubah atau mengkonversi file database Access. Dengan mengkonversi menjadi file yang bisa dieksekusi, keamanan data dalam database menjadi terjaga. File database yang hanya bisa dieksekusi dapat mencegah database dari modifikasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Dengan file database access yang dapat dieksekusi, semua kode VBA yang ada dalam file itu sudah dapat dikatakan aman dan terlindung dari upaya perubahan kode. Semua kode VBA yang ada dalam file ini sudah dikompilasi sehingga tidak bisa terbaca secara jelas. Selain itu, ekstensi file database Access yang sudah dikompilasi akan berubah, dari yang semula .accdb menjadi .accde.


Sejak Office 2010 atau Access 2010, cara mengkonversi file database Access dari ekstensi .accdb ke .accde telah mengalami beberapa perubahan. berikut ini adalah cara mengkonversi file dari .accdb ke .accde.

Sebelum mengkompile file Access dari .accdb ke .accde, pastikan terlebih dahulu bahwa kode VBA tidak ada kesalahan sama sekali. Caranya adalah dengan melakukan debugging. Untuk itu bukalah VBA editor di Access dengan membuka salah satu modul yang ada di dalamnya, bisa melalui modul form atau modul standar. Lalu, pilih menu Debug dan Compile seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Bila ada kesalahan saat melakukan debugging seperti gambar di atas, maka pesan kesalahan akan ditampilkan dan kita diminta untuk memperbaikinya sampai tuntas. Bila sudah tidak ada lagi kesalahan selama proses debugging, kita dapat mengkompile file .accdb ke .accde.

Untuk Microsoft Access 2010 dan 2013, ikuti petunjuk berikut ini:
  1. Klik tab File.
  2. Klik Save & Publish atau Save As.
  3. Klik Save Database As.
  4. Pada bagian Advanced, klik Make ACCDE.
  5. Klik tombol Save As.
  6. Pilih lokasi file (File Location).
  7. Tekan tombol Save.
Untuk Access 2016, ikuti petunjuk berikut ini:
  1. Klik tab File.
  2. Klik Save As, Save Database As. Pada bagian Advanced, klik Make ACCDE.
  3. Klik tombol Save As.
  4. Pilih lokasi file (File Location).
  5. Tekan tombol Save.
Setelah selesai mengkompile, kita dapat membuka file .accde yang telah kita buat. Pada file .accde ini, kita sudah tidak bisa lagi melakukan proses editing pada design form, report, VBA, dan macro.

Comments

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access