Skip to main content

Fungsi Count di MS Access

Di Access, fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah record dalam query.

Sintaks penulisan fungsi Count adalah sebagai berikut:

Count (Ekspresi)

Ekspresi sifatnya wajib diisi, bisa berupa string, nama field atau fungsi yang bisa dibaca sebagai ekspresi. Kita dapat menghitung berbagai macam data, termasuk data berupa teks.

Kita dapat menggunakan fungsi Count untuk menghitung jumlah record yang ada dalam sebuah query. Sebagai misal, kita menggunakan fungsi Count untuk menghitung jumlah voucher dalam tabel voucher seperti pada gambar di atas.

Meskipun ekspresi dalam fungsi Count bisa melakukan perhitungan pada sebuah field, fungsi ini hanya menghitung jumlah recordnya saja, Jadi, fungsi ini tidak tergantung pada nilai yang tersimpan dalam record.

Fungsi Count tidak menghitung record yang mempunyai field dengan nilai Null, kecuali nilai ekspresi diisi dengan tanda * (asterik). Jadi, jika kita menggunakan tanda * sebagai ekspresi, fungsi Count menghitung semua record, termasuk field dengan nilai Null. Untuk diketahui, Count (*) akan dihitung lebih cepat dibandingkan dengan Count([nama field]). Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi Count.

SELECT Count(*) AS JumlahVoucher FROM tblTempVoucherPerm;
Jika ekspresi berisi beberapa macam field, fungsi Count menghitung sebuah record hanya jika paling tidak ada satu dari beberapa macam field itu yang tidak bernilai Null. Contoh di bawah ini menjelaskan bagaimana kita membatasi perhitungan record.

SELECT Count([vouchType] & [vouchBranch]) AS JumlahVoucher FROM tblTempVoucherPerm;
Bila salah satu di antara field [vouchType] dan [vouchBranch] bernilai Null, maka fungsi Count akan menghitung record dalam tblTempVoucherPerm.

Bila kedua field [vouchType] dan [vouchBranch] bernilai Null, maka fungsi Count tidak akan menghitung record dalam tblTempVoucherPerm.

SELECT Count(*) AS JumlahVoucher FROM tblTempVoucherPerm WHERE vouchPrimaryAccountCode)="BII";
Menghitung jumlah voucher di mana vouchPrimaryAccountCode=BII.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access