Skip to main content

Membuat Form dan Subform Menggunakan Form Wizard

Membuat form yang didalamnya berisi subform paling cocok diterapkan pada tabel yang mempunyai relasi one-to-many dengan tabel lain. Tujuannya adalah menghilangkan duplikasi pada satu atau lebih field dalam tabel pada saat pemasukkan data.

Secara umum, tabel yang akan digunakan sebagai form adalah parent table, sedangkan tabel yang akan digunakan sebagai subform adalah child table yang mempunyai hubungan dengan parent table. Kita dapat menggunakan relasi database (Database Relationship) seperti yang telah dibahas di tautan Membuat Relasi Database. Contoh lainnya seperti form tagihan, order pembelian, dan berbagai macam form yang mempunyai jumlah rincian lebih dari satu item dapat dibuatkan child table. Dari tabel yang telah dibuat seperti dijelaskan di bab sebelumnya, maka tblTempTransJournal_Parent akan menjadi sebuah form dengan tblTempTransJournal_Child sebagai subform. Demikian pula untuk tabel tblPermTransJournal_Parent dan tblPermTransJournal_Child.

Namun demikian, untuk tujuan pelaporan, kadang kala kita juga membuat sebuah form dengan subform. Pada gambar relasi database di bab sebelum ini, kita dapat melihat bahwa ada beberapa child table yang mempunyai lebih dari satu parent table. Contohnya adalah tblTempTransJournal_Child yang mempunyai parent table tblRekUtama, tblRekDerivatif1, dan tblRekDerivatif2. Meskipun isi dari child table itu tidak ada relevansinya dengan parent table, tetapi untuk tujuan pelaporan dan analisis, kita juga dapat membuat form dan subform.

Untuk membuat form dan subform dengan menggunakan Form Wizard, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Pada Navigation pane, sorot tabel tblTempTransJournal_Parent.
  2. Klik tab Create dan pilih More Forms - Form Wizard di grup Forms.
  3. Tambahkan semua field yang ada di kotak Available Fields dari Table/Queries "Table: tblTempTransJournal_Parent " ke kotak Selected Fields.
  4. Klik combo box Tables/Queries untuk membuka daftar di dalamnya, and pilih "Table: tblTempTransJournal_Child", seperti gambar di bawah ini.
  5. Kecuali field TempChildJurnal _NoUrut dan TempChildJurnal _Id, tambahkan semua field yang ada dalam kotak Available Fields ke dalam kotak Selected Fields. Klik tombol Next untuk melanjutkan sehingga tampilan wizard tampak seperti gambar di bawah ini.
  6. Biarkan seperti apa adanya dan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  7. Pilih tombol opsi Datasheet dan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  8. Pilih AutoFormat1 dan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  9. Ketikan nama judul untuk Form: frmTempTransJournal_Parent dan Subform: frmTempTransJournal_Child.
  10. Klik tombol Finish untuk membuka form dengan Views Form view.
    Access akan menampilkan Form view dari frmTempTransJournal_Parent .
  11. Selanjutnya, alihkan Form view ke Layout view, gantilah judul frmTempTransJournal_Parent ke Jurnal Transaksi Temporer.
  12. Sorot label frmTempTransJournal_Child dan hapus label itu dengan cara klik mouse kanan untuk menampilkan shortcut menu, pilih Layout - Remove, dan terakhir, hapus label frmTempTransJournal_Child_Label.
  13. Simpanlah semua form and subform. Kita dapat menata ulang tampilan form sesuka hati, seperti di bawah ini:

Comments

  1. siap di coba
    http://pandaivb.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. maaf mau tanya, data tersebut nanti ada database kayak tabel/query nya gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada contoh ini, iya.... itu ada di nomor 4 di atas.

      Database dikosongkan dan hanya ditampilkan saat dibutuhkan juga bisa.

      Delete
  3. Saya ingin tanya, klo misal kan saya udh masukin data dr tabel induk sm table detailnya (saya buat kueri sblmnya) dan pas mau buat form dgn subform, subformnya tdk ada.. Kira2 saya salah d mna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tabel induk jangan dibuat query dengan tabel detail. Kamu buat dulu relasi antara tabel induk dengan tabel detail. Setelah itu, buat form dengan subform seperti di atas. Itu lebih mudah.

      Delete
    2. Oke terima kasih yaa jawabannya 👌🏻

      Delete
  4. Mohon maaf saya mau tanya. Kalau mau buat 2 subform dalam 1 tabel di sebuah caranya gimana?

    ReplyDelete
  5. Jadi saya mau buat 1 form yang berisi 2 subform. Nah 2 subform ini diambil dari tabel yang sama begitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database