Skip to main content

Memahami Properti Validation Rule dan Validation Text pada Tabel di Access

Validation Rule dan Validation Text adalah dua properti yang saling berkaitan yang terdapat di Access. Bila ingin membuat Validation Rule, maka kita sebaiknya juga menyertakan Validation Text yang digunakan untuk menjelaskan secara ringkas Validation Rule.

Validation Rule

Validation Rule adalah peraturan yang digunakan sebagai syarat untuk mengesahkan data yang dimasukkan ke dalam field. Validation Rule memastikan bahwa data yang dimasukkan ke tabel telah taat peraturan dan bisa disimpan.

Validation Rule berisi semacam ekspressi atau formula yang digunakan untuk menguji data yang barus saja dimasukkan ke field. Karena berada di field sebuah tabel (bukan form), Validation Rule tidak boleh berisi fungsi yang dibuat sendiri atau fungsi domain dan agregat macam DCount, DSum, DMax, DMin dan sebagainya). Selain itu, Validation Rule juga tidak boleh mengacu ke form, query, atau tabel lain dalam sebuah aplikasi database.

Bila Validation Rule mengacu pada field lain dalam satu tabel yang sama, maka kita dapat membuat ekspresi Validation Rule di properti tabel, bukan pada properti field. Kita dapat membuat ekspresi yang melibatkan field lain di properti Validation Rule sebuah tabel. Caranya sama seperti kita membuat ekspressi Validation Rule pada field.

Validation Text

Properti Validation Text berisi teks yang akan ditampilkan di dalam sebuah kotak bila data yang dimasukkan tidak sesuai dengan aturan yang ada di Validation Rule. Panjang maksimum Validation Text adalah 255 karakter. Bila Validation Text tidak ada nilai dan data yang dimasukkan tidak sesuai dengan aturan yang ada di Validation Rule, maka Access akan menampilkan pesan kesalahan bawaannya dalam sebuah kotak peringatan. Oleh karena itu, bila kita membuat Validation Rule, maka Validation Text harus juga disertakan supaya pengguna tahu mengapa data yang dimasukkan bisa tidak sesuai.
Gambar validation rule, text, dan message yang ditampilkan

Pada contoh di gambar di atas, di kotak Design View (sisi kanan), kita memasukkan Validation Rule yang nilainya adalah "A" Or "B I" Or "B II" Or "C" Or "D" (1). Sedangkan nilai Validation Text adalah Harus A, B I, B II, C atau D (2). Saat tabel berada pada mode Datasheet View (latar belakang), kita bisa melihat bahwa nilai E pada field Jenis SIM tidak bisa diterma (3), dan Access menampilkan pesan kesalahan karena tidak sesuai dengan Validation Rule. Pesan kesalahan itu adalah nilai Validation Text.

Validation Rule tidak bisa dijalankan pada sebuah control berupa Option Group yang di dalamnya berisi Chek Box, Option Button, atau Toggle Button di sebuah form. Option Group mempunyai properti Validation Rule yang hanya bisa dijalankan di lingkungannya sendiri.

Properti yang berkaitan dengan validasi data sering digunakan, misalnya nilai tidak boleh minus atau minimum nol ( > 0) , di antara 0 dan 1 (between 0 and 1) untuk menyatakan persentase tertentu sebagai nilai yang boleh dimasukkan, dan sebagainya.

Bila nilai tipe data adalah Date/Time, maka validasi data untuk tanggal harus dituliskan di antara tanda #...#, misalkan >= #1/1/2970# untuk menyatakan bahwa nilai minimum tanggal kelahiran yang bisa dimasukkan ke dalam field adalah 1 Januari 1970. Di bawah nilai ini, maka pesan kesalahan yang menunjukkan Validation Rule dimunculkan.

Bilai nilai tipe data adalah text, maka validasi data untuk text harus dituliskan di antara tanda ‘...’, misalkan >= ‘1/1/2970’ untuk menyatakan bahwa nilai minimum tanggal kelahiran yang bisa dimasukkan ke dalam field adalah 1 Januari 1970. Di bawah nilai ini, maka pesan kesalahan yang menunjukkan Validation Rule dimunculkan.

Properti Validation Rule hanya bisa diaplikasikan di database yang disusun menggunakan Access. Bila database disusun dengan aplikasi lain, misalnya FoxPro, Paradox, Excel, dan kemudian di-link ke Access, maka kita tidak bisa membuat validasi di tabel link itu.

Comments

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access