Skip to main content

Cara Membuat Relasi Tabel One-To-One di Access

Relasi one-to-one sangat jarang diaplikasikan pada sebuah database, karena melanggar prinsip normalisasi. Secara prinsip normalisasi, tabel yang berisi data yang menjelaskan entitas tunggal tidak boleh dipecah. Namun demikian, ada kasus tertentu di mana kita harus memecah tabel yang berisi data yang menjelaskan entitas tunggal itu. Umumnya, bila berisi hal-hal yang konfidensial, sebuah tabel akan dipisah menjadi dua, satu tabel bersifat umum dan terbuka, satu tabel lagi bersifat rahasia.

Video Cara Membuat Relasi Tabel One-To-One di Access
Contohnya, biodata pegawai selalu berisi rincian gaji pegawai, seperti gaji pokok dan tunjangan-tunjangan yang melekat pada diri si pegawai. Karena bersifat rahasia, maka dalam sebuah database, tabel gaji yang berisi data gaji pegawai umumnya dipisahkan. Tabel gaji ini hanya bisa diakses oleh orang yang memiliki otoritas untuk membukanya. Untuk menyambungnya, kita menggunakan relasi one-to-one dengan menggunakan primary key dari masing-masing tabel.
Gambar 1. Hubungan tabel one-to-one yang berkorespondensi satu satu melalui kolom NIP
Tabel pertama mempunyai relasi one-to-one dengan tabel kedua, jika untuk setiap record yang ada di tabel pertama, satu dan hanya satu record akan ada di tabel kedua.

Untuk membuat relasi one-to-one, kita menggunakan tblBioData dan tblGaji seperti gambar 2 di bawah. Kedua tabel itu dihubungkan lewat field NIP.
  1. Tariklah field NIP dari tblGaji ke tblBioData atau tarik sebaliknya, yaitu dari tblBioData ke tblGaji.
    Gambar 2. Menarik field NIP dari tblGaji ke tblBioData
  2. Setelah field NIP yang ditarik dari tblGaji menimpa field NIP di tblBioData, kotak dialog box Edit Relationship akan ditampilkan. Access akan secara otomatis menuliskan Relation Type: One-To-One. Mengingat field NIP di tblGaji tidak bisa dilepaskan dari tblBioData, maka kita harus menentukan referential integrity seperti Gambar 3, yaitu dengan memberi tanda centang pada bagian Enforce Referential Integrity, Cascade Update Related Fields, dan Cascade Delete Related Records.
    Gambar 3. Referential integrity
  3. Untuk mengatur lebih jauh bagaimana tblGaji dan tblBioData saling berelasi, tekanlah tombol Joint Type... sehingga muncul kotak dialog Join Properties.
    Gambar 4. Joint properties
  4. Pilihlah “Include All records from ‘tblBioData’ and only those record from ‘tblGaji’ where the joined fields are equal”.
  5. Tekan OK untuk menutup kotak dialog Join Properties.
  6. Tekan Create untuk membuat dan menutup kotak dialog Edit Relationships.
  7. Gambar 5. Relasi tabel one-to-one yang sudah selesai dibuat
  8. Hasil akhir hasil relasi one-to-one tampak seperti Gambar 5 dengan kedua angka 1 di sisi kiri dan kanan menunjukkan simbol one.
Proses pembuatan relasi tabel one-to-one juga bisa dilihat di video di awal posting ini.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access