Skip to main content

Membuat Tanda Tangan Digital Untuk Aplikasi Database Access

Seorang programmer Access dapat memberikan tanda tangan digital untuk menunjukkan bahwa database Access beserta isi macro, modul dan berbagai macam kode di dalamnya dijamin aman dan bisa dipercaya.

Tanda tangan digital digunakan oleh penyusun database untuk menunjukkan bahwa macro, kode VBA dalam module dibuat oleh si penanda tangan. Selain itu, tanda tangan digital juga menunjukkan bahwa  tidak ada orang lain yang telah mengubah macro atau modul sejak database ditandatangani.

Tanda tangan digital membantu orang yang menggunakannya untuk percaya dan dapat mengandalkan isi di dalam database yang ditandatanganinya. Untuk membuat tanda tangan digital, kita bisa menggunakan sertifikat keamanan komersial (membeli sertifikat keamanan dari peyedia) atau membuat sendiri.

Cara memperoleh sertifikat keamanan digital

Ada dua macam cara memperoleh sertifikat keamanan digital:

Membeli sertifikat digital dari penyedia: jika ingin menandatangani secara digital dan mendistribusikan database secara komersial, kita bisa membeli sertifika digital di penyedia jasa sertifikat keamanan digital yang sudah diakui. Penyedia jasa ini akan melakukan pemeriksaan, apakah orang atau pihak yang membuat database mempunyai reputasi.

Membuat sendiri sertifikat digital: jika ingin membuat sendiri sertifikat digital dalam lingkup terbatas, kita bisa menggunakan perangkat SelfCert yang disediakan oleh Microsoft Office.

Membuat sendiri sertifikat digital

Aplikasi yang digunakan untuk membuat sertifikat digital bernama SelfCert.exe. Lokasinya ada di folder program files dari Microsoft Offie. Jadi, dari Windows Explorer Program Files, masuk folder Microsoft Office, lalu tekan tombol Search dan ketikkan SelfCert.

Pada gambar di atas, SelfCert.exe berada di subfolder root\Office16. Bila dibuka, tampilan awalnya seperti di bawah ini.

Isikan saja, misalnya Sertifikat01, lalu tekan OK. Access berhasil membuat Sertifikat01 dengan menampilkan pesan Successfully created a new certificate for Sertifikat01. Access menutup SelfCert.

Untuk MS Access 2010, caranya.

Pada Ribbon Tab, pilih File. lalu pilih Save & Publish > Package & Sign > Save As. Lihat gambar di bawah.

Selanjutnya, saat Save As ditekan, pilih nama Sertifikat01 yang baru saja dibuat, lalu tekan OK. Access membuka kotak dialog Save As dengan tipe ekstensi file adalah accdc (Microsoft Access Signed Package (*.accdc)). Ketikkan nama file yang diinginkan, lalu tekan Create. File dengan ekstensi accdc sudah selesai dibuat.


 

Saat file dengan ekstensi accdc dibuka, akan muncul warning seperti ini.

Bila berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan diandalkan (trusted), silakan tekan Trust all form publisher. File dengan accdc kemudian akan diekstrak ke file dengan ekstensi original. Jadi, bila accdb di-package-and-sign menjadi accdc, maka saat diekstrak dikembalikan lagi ke accdb. Bila accde di-package-and-sign menjadi accdc, maka saat diekstrak dikembalikan lagi ke accde.

Untuk MS Access 2013 ke atas, pembuatan sertifikat digital tidak seperti 2010. Caranya adalah sebagai berikut:Pada file database Access yang sudah terbuka,  buka Microsoft Visual Basic Editor, atau tekan tombol Alt F11.


Pada menu Tools, pilih Digital Signature. Access menampilkan kotak dialog Digital Signature. Klik Choose untuk memilih daftar sertifikat yang sudah dibuat.

 


Access menampilkan kotak Select a Certificate seperti gambar terdahulu di Access 2010. Pilih OK untuk menutup kotak dialog, dan tekan OK lagi untuk menutup kotak dialog Digital Signature. 

 


Bila muncul peringatan "Microsoft Access cannot save the digital signature at this time", maka lakukan cara Package & Sign seperti pada Microsoft Access 2010 di atas. 


Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Form dan Subform Menggunakan Form Wizard