Skip to main content

Jalan Pintas untuk Membuka Database Access

Bila sudah menyembunyikan perangkat atau pengaturan saat membuka database Access, kita dapat menggunakan jalan pintas untuk menampilkan kembali perangkat atau melewatkan pengaturan yang telah dibuat saat database Access dibuka. 
Gambar 1. Properti Current Database

Jalan pintas atau dalam pengertian Access disebut bypass adalah cara membuka database Access dengan melewatkan sejumlah kode VBA, macro, atau pengaturan manual melalui menu Options > Current Database di Access (lihat Gambar 1 di atas). Contohnya seperti ini:
  1. Mengatur form Start up yang muncul saat database Access dibuka
  2. Menyembunyikan panel navigasi (Navigation Pane)
  3. Menyembunyikan tab/menu
  4. Membuat macro AutoExec
  5. dan lain sebagainya.
Jalan pintas untuk membuka database Access berguna dalam situasi tertentu. Misalnya, kita sudah mengatur pilihan untuk menyembunyikan panel navigasi supaya pengguna yang tidak berkepentingan tidak bisa melihat isi tabel, form, sampai dengan modul yang ada dalam database Access. Tetapi, karena satu dan lain hal, file Access mengalami bug error. Nah, supaya panel navigasi bisa muncul kembali, kita bisa melakukan bypass. Bila sudah muncul, kita bisa menelusur penyebab bug error yang terjadi.
 
Untuk melakukan bypass, caranya sangat sederhana. Kita hanya perlu menekan tombol Shift dan membuka file aplikasi database Access secara bersamaan. Jadi misalnya, nama file database Access adalah contoh.accdb dan di dalam database ini, kita sudah menyembunyikan panel navigasi. Untuk menampilkan panel navigasi, saat ingin membuka contoh.accdb, tekan tombol Shift dan membuka file contoh.accdb secara bersamaan. Tekan tombol sampai Access menampilkan panel navigasi. Mem-bypass macro atau VBA. Tergantung dari pengaturan keamanan macro dalam database, kita mungkin akan melihat satu atau lebih pesan peringatan keamanan. Dalam kasus ini, kita harus menekan tombol Shift sambil menutup semua pesan peringatan keamanan yang muncul di layar. Saat kita membuka database dan menekan tombol Shift secara bersamaan, banyak sekali pilihan yang sudah diatur di menu Options > Current Database akan dilewatkan (di-bypass). Untuk mengubah pilihan di Current Database, lakukan berikut ini:
  1. Klik tab File, lalu pilih Options
  2. Kotak Access Options terbuka
  3. Pilih Current Database, selanjutanya, kita bisa mengubah pengaturan dalam database yang sedang terbuka.
Ada beberapa pengaturan yang bisa langsung terlihat pengaruhnya. Namun, hampir sebagian besar, untuk melihat pengaruh perubahan pengaturan pada Current Database, kita biasanya diminta untuk menutup dan membuka kembali databasenya. Tabel berikut ini berisi daftar tiap pengaturan yang ada dalam Options > Current Database dan bagaimana pilihan itu bereaksi saat tombol Shift ditekan saat membuka database.
Option Group Setting/Pengaturan Reaksi file saat dibuka dengan menekan tombol Shift
Application Options Application Title Judul tidak ditampilkan

Application Icon Ikon atau logo aplikasi tidak ditampilkan

Display Form Startup form tidak ditampilkan.
Navigation Display Navigation Pane Panel Navigasi (Navigation Pane) ditampilkan.
Ribbon and toolbar options Ribbon Name Ribbon buatan sendiri tidak ditampilkan.

Allow Full Menus Semua tab Ribbon ditampilkan.

Allow Default Shortcut Menus Semua menu shortcut ditampilkan.
 
Jika ada macro AutoExec yang dieksekusi secara otomatis saat database dibuka, maka dengan menekan tombol Shift, macro ini tidak berfungsi. 
 
Mencegah pengguna untuk menekan tombol Shift 
 
Bila pengguna sudah tahu kegunaan tombol Shift di Access, apakah mungkin kita bisa mematikan tombol Shift supaya pengguna tidak bisa melihat tabel, form, sampai dengan VBA di dalam database? Jawabannya, mungkin. Caranya, dengan membuat kode VBA untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan tombol bypass Shift. Kode VBA ini berisi pengaturan properti Current Database dengan memberikan nilai False pada properti AllowBypassKey. Properti AllowBypassKey pada Current Database mempunyai pengaturan sebagai berikut:
Nilai             Deskripsi
TRUE Memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan tombol Shift dan membuka file database Access secara bersamaan. Dengan nilai ini, semua properti startup akan dilewatkan (bypass) dan Access membuka Current Database secara transparan.
FALSE Mencegah pengguna untuk mengaktifkan tombol Shift saat file database Access dibuka, sehingga database Access menjadi lebih aman dan terlindung.
 
Gambar 2. Properti pada Current Database - Navigation, Ribbon, Toolbar disembunyikan (atau dinon-aktifkan)
 
Untuk mengatur properti AllowBypassKey, kita bisa menggunakan VBA. Caranya: Dengan metode Create Property, tambahkan properti AllowBypassKey pada koleksi Properties (Properties Collection) dari objek database. Untuk mengetahui apakah pengaturan properti AllowBypassKey sudah berfungsi, tutup database yang sedang aktif, lalu buka kembali dengan menekan tombol Shift. Bila tombol Shift tidak berfungsi, maka properti AllowBypassKey sudah diaktifkan (diberi nilai True). Sebaliknya, bila tombol Shift masih berfungsi, berarti AllowBypassKey belum aktif.Berikut ini adalah kode VBA untuk mengatur properti AlloByPass
Option Compare DatabaseFunction ubahProperti(strNamaProperti As String, varTipeProperti As Variant, varNilaiProperti As Variant) As Integer
    Dim dbs As Object, prp As Variant
    Const conPropNotFoundError = 3270

    Set dbs = CurrentDb
On Error GoTo Err_Msg
    dbs.Properties(strNamaProperti) = varNilaiProperti
    ubahProperty = True
Exit_Function:
    Exit Function
Err_Msg:
    If Err = conPropNotFoundError Then    ' Property not found.
        Set prp = dbs.CreateProperty(strNamaProperti, _
            varTipeProperti, varNilaiProperti)
        dbs.Properties.Append prp
        Resume Next
    Else
        ' Unknown error.
        ubahProperty = False
        Resume Exit_Function
    End If
End Function
Berikut ini adalah sintaks untuk menjalankan fungsi ubahProperti di atas:
ubahProperti"AllowBypassKey", DB_Boolean, False
Bila fungsi di atas sudah dijalankan, tutup database dan buka kembali. Dengan cara seperti ini, properti Display Navigation Pane yang tidak ditampilkan (seperti pada Gambar 2 di atas) tidak akan ditampilkan kembali saat tombol Shift ditekan dan nama file database Access dibuka secara bersamaan. Demikian pula, properti Allow Full Menu juga tidak akan ditampilkan kembali.

Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Form dan Subform Menggunakan Form Wizard