Skip to main content

Fungsi Date di Access

Di Access, fungsi Date digunakan untuk menampilkan tanggal sistem pada saat sekarang ini. Pada Windows, tanggal sekarang dapat ditampilkan dengan mengklik jam yang ada di system tray di bagian kanan bawah dari layar komputer.
Gambar 1. Tanggal dan jam pada system tray Windows
Sintaks penulisan fungsi Date adalah sebagai berikut:

Date

Keterangan:

Tidak ada argumen atau variabel yang diperlukan untuk memanggil fungsi Date. Pada VBA, kita bisa menuliskan fungsi date dengan salah satu cara berikut ini:
? Date
11/28/2017
atau
? Date()
11/28/2017
yang akan memberikan hasil yang sama.

Adakalanya, kita menuliskan fungsi Date seperti berikut ini:
? Date$
11-28-2017
atau
? Date$() 
11-28-2017
Bila demikian, maka hasil dari fungsi Date$ akan berupa text yang terdiri dari 10 karakter, dengan pola yang mengikuti pengaturan tanggal di Control Panel. Bila pola pengaturan tanggal di Control Panel adalah mm/dd/yyyy, maka pola penulisannya menjadi mm-dd-yyyy. Bila pola pengaturan tanggal di Control Panel adalah dd/mm/yyyy, maka pola penulisannya menjadi dd-mm-yyyy.

Fungsi Date bisa digunakan di berbagai macam objek, seperti tabel, query, form, report, macro, dan VBA. Umumnya, fungsi ini digunakan untuk memberikan nilai default pada field dengan tipe data Date/Time pada tabel transaksi. Tujuannya, untuk memudahkan pengguna saat melakukan pengisian data.
Gambar 2. Fungsi Date() untuk memberikan nilai default pada field vouchDate
Selain memberikan nilai default pada sebuah field di tabel, fungsi Date juga bisa digunakan dalam sebuah formula yang bisa ditaruh di query, form, report, macro, atau VBA. Misalnya, untuk menghitung selisih hari saat ini dengan hari saat sebuah tagihan diterbitkan. Pada aplikasi piutang, fungsi Date digunakan untuk menghitung umur piutang sampai dengan saat sekarang. Jadi misalnya, ada tagihan yang bertanggal 1 Oktober 2017, kemudian, fungsi Date untuk tanggal sekarang memberikan nilai 27 November 2017, maka umur piutang adalah sebagai berikut:
? DateDiff("d","10/1/2017",Date()) 'Date()=27 November 2017
58 
Hasilnya adalah 58 hari. Jadi, tagihan bertanggal 1 Oktober 2017 telah berumur 58 hari.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access