Skip to main content

Fungsi Day di MS Access

Di Access, fungsi Day digunakan untuk memperoleh urutan hari yang dinyatakan dalam angka. Tipe data yang dihasilkan adalah Variant (Integer). Urutan hari dimulai dari angka 1, yang mewakili hari pertama, dan diakhiri dengan 31, yang merupakan angka maksimum hari dalam satu bulan.
Sintaks penulisan Day adalah sebagai berikut:

Day (Date)

Keterangan:

Date (tanggal): wajib diisi, berupa tanggal dengan tipe data Variant atau Date/Time. Date bisa dituliskan di antara dua tanda petik ganda (" ") atau dua tanda pagar (# #).

Berikut ini beberapa contoh fungsi Day, dengan asumsi sistem operasi Windows menggunakan pola mm/dd/yyyy, di mana mm adalah bulan, dd adalah tanggal, dan yyyy adalah tahun:
Day(#05/05/2017#)  hasilnya 5
Day("1/7/2017")      hasilnya 7
Pada VBA:
Dim intHari As Integer 
intHari = Day(#04/12/2017#) 'intHari = 12
Kode VBA di atas menggunakan fungsi Day untuk memperoleh angka hari (intHari) pada tanggal tertentu, yaitu tanggal 04/12/2017 (12 April 2017). Hasilnya intHari = 12.

SQL query

Kita dapat menggunakan fungsi Day dalam sebuah query seperti ini, misalnya.
SELECT Day(#12/02/2017#) AS bulan FROM tabel1
Pengaturan fungsi Day mengikuti properti Calendar di Control Panel. Bila properti Calendar di Control Panel menggunakan Gregorian, maka Day yang digunakan juga menggunakan Gregorian, demikian pula bila menggunakan Hijri (Hijriah), maka penulisan di Day juga menggunakan Hijri (Hijriah).

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access