Skip to main content

Fungsi Timer di MS Access

Di Access, fungsi Timer digunakan untuk menghitung berapa lama waktu sekarang ini dihitung sejak pukul 00.00. Hasil dari fungsi Timer dinyatakan dengan detik dan tipe data Single.

Sintaks penulisan fungsi Timer adalah sebagai berikut:

Timer

Tidak ada argumen atau variabel yang menyertai fungsi Timer. Pukul 00.00.00, fungsi Timer sama dengan 0 detik. Pukul 01.00.00 dini hari, fungsi Timer sama dengan 3600 detik.  Sedangkan pukul 23.59.59, fungsi Timer sama dengan 86.399.

Dalam sebuah aplikasi, umumnya, fungsi Timer digunakan untuk menentukan durasi waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi atau berapa detik sebuah proses harus dihentikan sementara waktu untuk meminta konfirmasi, apakah proses itu akan dilanjutkan atau dihentikan.

Misalnya, kita ingin memproses 100 transaksi secara bersamaan. Nah, kita dapat menghitung durasi atau lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses 100 transaski itu. Caranya, sebelum proses dijalankan kita menetapkan lebih dulu waktu mulai dengan fungsi Timer. Setelah proses selesai dijalankan, kita menetapkan waktu selesai dengan fungsi Timer juga. Selisih antara waktu selesai dan waktu mulai inilah yang dihitung sebagai durasi. Contohnya seperti gambar animasi di atas.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi Timer di VBA Access untuk gambar animasi di atas. Fungsi ini digunakan untuk menghitung durasi sebuah proses data, seperti menampilkan query, memproses sejumlah besar transaksi,  dan lalin sebagainya.
Function contohTimer()
  Mulai = Timer    ' tetapkan waktu mulai memproses.
'isikan program untuk proses di sini, misalnya
'For Each ... Next
'Do While ... Loop
'dst.
  Selesai = Timer    ' tetapkan waktu selesai memproses.
  Durasi = Selesai - Mulai    ' hitung durasi memproses, dalam detik.
  MsgBox "Proses Selesai dalam waktu: " & vbCrLf & _
  Durasi & " detik."    ' hitung durasi memproses, dalam detik.
End Function
Satu kelemahan fungsi Timer, karena selalu dimulai dari jam 00.00.00, bila ada perbedaan hari antara timer saat mulai dengan timer saat selesai, fungsi ini tidak bisa digunakan. Jadi fungsi Timer hanya digunakan dalam rentang waktu 24 jam saja.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access