Skip to main content

Fungsi Month di MS Access

Di Access, fungsi Month digunakan untuk memperoleh urutan bulan yang dinyatakan dalam angka. Tipe data yang dihasilkan adalah Variant (Integer). Urutan bulan dimulai dari 1, yang mewakili bulan Januari, dan diakhiri dengan 12, yang mewakili bulan Desember.
Fungsi Month pada VBA (kotak warna merah muda)
Sintaks penulisan Month adalah sebagai berikut:

Month (Date)

Keterangan:

Date (tanggal): wajib diisi, berupa tanggal dengan tipe data Variant atau Date/Time. Date bisa dituliskan di antara dua tanda petik ganda (" ") atau dua tanda pagar (# #).

Berikut ini beberapa contoh fungsi Month, dengan asumsi sistem operasi Windows menggunakan pola mm/dd/yyyy, di mana mm adalah bulan, dd adalah tanggal, dan yyyy adalah tahun:
Month(#05/05/2017#)  hasilnya 5
Month("1/7/2017")      hasilnya 1
Pada VBA:
Dim intBulan As Integer 
intBulan = Month(#04/12/2017#) 'intBulan = 4
Kode VBA di atas menggunakan fungsi Month untuk memperoleh angka bulan (intBulan) pada tanggal tertentu, yaitu tanggal 04/12/2017 (12 April 2017). Hasilnya intBulan = 4.

SQL query

Kita dapat menggunakan fungsi Month dalam sebuah query seperti ini, misalnya.
SELECT Month(#12/02/2017#) AS bulan FROM tabel1
Pengaturan fungsi Month mengikuti properti Calendar di Control Panel. Bila properti Calendar di Control Panel menggunakan Gregorian, maka Month yang digunakan juga menggunakan Gregorian, demikian pula bila menggunakan Hijri (Hijriah), maka penulisan di Month juga menggunakan Hijri (Hijriah).

Menggunakan Fungsi Month pada expression builder

Misalkan dalam sebuah form ada control yang mempunyai format tanggal, sebut saja nama control itu adalah drTglTransaksi, seperti dari gambar di bawah ini.
Lalu, dalam form itu buatlah sebuah control (text box). Dalam contoh gambar di atas, nama control itu adalah Text34. Selanjutnya, pada properti Control Source, kliklah tombol ... untuk membuka kotak dialog box expression builder.
 Kotak dialog Expression Builder ditampilkan. Lihat gambar di atas. Untuk menampilkan fungsi Month, kliklah pada root Functions  (1), lalu pilih Built-In Functions (2). Setelah itu, pada list box Expression Categories, pilihlah Date/Time (3). Terakhir, kliklah dua kali pada fungsi Month (4) di list box Expression Values untuk mengaktifkan fungsi itu di kotak Expression (5). Sorot parameter <> untuk mengganti sesuai dengan nilai yang diinginkan. Nilai yang diinginkan ini bisa berupa nilai absolute (misalnya "2-Jan-2018", "1/2/2018", dst.) atau nilai relatif yang mengacu pada control lain dalam sebuah objek.

 Pada gambar di atas, kita menggunakan control yang ada di form frmBukuBesar (7). Jadi kliklah frmBukuBesar (7) yang ada di kotak Expression Elements untuk melihat daftar element yang ada di form itu. Pada Expression Categories, pilihlah drTglTransaksi (8)  untuk mengganti parameter <> yang disorot di (6). Kliklah dua kali drTglTransaksi untuk menggunakan nilai (Value) dari control drTglTransaks. Selanjutnya, tekan tombol OK (9) untuk mengakhiri. 

Dengan cara di atas, fungsi Month sudah diaktifkan pada sebuah control yang bernama Text34.

Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Cara Membuat Relasi Tabel Many-To-Many di Access