Skip to main content

Fungsi Int, Fix di MS Access

Di Access, fungsi Int dan Fix digunakan untuk memperoleh pembulatan dari sembarang angka pecahan. Yang dimaksud angka pecahan di sini misalnya, 88.2, 88.8, dan sebagainya. Sedangkan pembulatannya bisa 88 atau 89.
Sintaks penulisan fungsi Int dan Fix adalah sebagai berikut:

Int(Number)

Fix(Number)

Keterangan:

Number (angka): wajib diisi, berupa sembarang angka dengan tipe data Double. Bila angka berisi Null, fungsi Int dan Fix menghasilkan nilai Null.

Baik fungsi Int dan Fix menghilangkan bagian pecahan dan menghasilkan angka bulat. Perbedaannya, bila angkanya negatif, fungsi Int menghasilkan nilai yang lebih kecil atau sama dengan dengan angka itu, sedangkan fungsi Int menghasilkan nilai yang lebih besar atau sama dengan dengan angka itu. Contohnya, angka -8.4. Fungsi membulatkan -8.4 menjadi -9, sedangkan fungsi Fix membulatkan angka itu ke -8.
Kedua fungsi, Int dan Fix banyak digunakan saling bergantian, untuk menentukan bagian bulat dari hasil pembagian sembarang bilangan. Fungsi Int digunakan untuk bilangan positif, sedangkan fungsi Fix digunakan untuk bilangan negatif. Misalnya seperti ini:

Ada sebuah toko mempunyai stok 10 smartphone, untuk dibagi ke 8 orang. Setiap orang, seharunya mendapat bagian =10/8=1.25 smartphone per orang. Tapi karena tidak ada smartphone dalam jumlah 1.25 (secara faktual ini tidak mungkin), maka setiap orang hanya bisa memperoleh 1 smartphone. Nah, menggunakan pembagian dengan fungsi Int, kita bisa menghitung berapa jatah smartphone untuk masing-masing orang. Bila angka pecahan, yaitu 0.25 tidak diinginkan, menggunakan Int(10/8) akan lebih tepat, karena 10 dibagi 8 akan sama dengan 1. Jadi 1 orang berhak atas 1 smartphone.

Bila pembagian smartphone ke delapan orang itu menggunakan fungsi Fix, maka kita harus menggunakan tanda negatif, yaitu -10/8, Fix(-10/8)=-1. Dalam pengertian ini, berarti toko di atas harus mengurangkan satu smartphone dalam stoknya sebanyak delapan kali (karena ada delapan orang).

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi Int dan Fix:

Pada VBA:
Dim dbAngka as Double
dbAngka = Int(99.8)    ' hasilnya 99.
dbAngka = Fix(99.2)    ' hasilnya 99.
dbAngka = Int(-99.8)    ' hasilnya -100.
dbAngka = Fix(-99.8)    ' hasilnya -99.
dbAngka = Int(-99.2)    ' hasilnya -100.
dbAngka = Fix(-99.2)    ' hasilnya -99.

Pada SQL:
SELECT vouchId, vouchDate, vouchSupplierCustomer, Int([vouchAmount]) AS Rupiah
FROM tempTblPrimaryAccounts;

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas pencerahannya, jadi tahu pembulatan ke bawah di ms access adalah dengan fungsi FIX

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access