Skip to main content

Membuat Report Neraca Lajur

Bentuk laporan neraca lajur yang kita susun mengikuti bentuk form. Jadi misalnya laporan neraca lajur lengkap bentuknya sama seperti form neraca lajur lengkap. Demikian pula dengan bentuk ringkas neraca lajur. Perbedaannya, di laporan, kita bisa membuat grup sesuai dengan keinginan. Pada bagian ini, kita akan membuat neraca lajur yang menggunakan grup kode rekening. Ikuti cara pembuatan neraca lajur dengan bentuk lengkap di bawah ini.
  1. Bukalah frmNeracaLajur dalam Design view. Di sisi lain, buatlah blank report dan simpanlah dengan nama rptNeracaLajurLengkap, lalu kopilah form control label judul Neraca Lajur, kotak kriteria Dari, Sampai dengan, dan Periode ke bagian page header dari blank report itu.
  2. Sisipkan label dengan Name=Indikator dan Caption=Report seperti yang telah kita buat di rptBukuBesarLengkap. Kita dapat mengkopi label itu dan paste di dalam report rptNeracaLajurLengkap.
  3. Bukalah frmNeracaLajurLengkap dalam Design view. Kopilah form control label judul kolom untuk daftar neraca lajur dari kolom Kode Rek Utama sampai dengan Saldo Akhir ke bagian bawah kotak  kriteria.
  4. Pada properti Record Source dari report, pilihlah qryNeracaLajurGabung1. Pembuatan query ini ada di posting yang berjudul Membuat Form Untuk Neraca Lajur.
  5. Pada bagian detail dari report, sisipkan:
    1. Tiga combo box, masing-masing dengan Name dan Control Source berisi KodeRek, Deriv1, dan Deriv2. Row source dari ketiha combo box itu berasal dari tblRekUtama, tblRekDerivatif1, dan tblRekDerivatif2.
    2. Enam text box, masing-masing dengan Name dan Control Source berisi: SaldoAwal, Debit, Kredit, PenyDebit, PenyKredit, dan SaldoAkhir.
  6. Pada bagian page footer, sisipkan dua text box dengan Control Source= ="Dicetak oleh: " & TampilkanLogin() & ", tanggal dan waktu: " & Format(Now(),"dd-mmm-yyyy hh:nn ampm") dan Control Source yang lain= ="Halaman " & [Page] & "/" & [Pages].
  7. Pada bagian report footer, sisipkan label dengan Caption=Grand Total, enam buah text box yang merupakan penjumlahan dari SaldoAwal, Debit, Kredit, PenyDebit, PenyKredit, dan SaldoAkhir. Bila report footer tidak muncul, kita dapat menampilkannya dengan memilih Show/Hide pada tab Arrange, atau short cut mouse kanan dan pilih report header/footer.
  8. Buatlah grup untuk KodeRek baik di header maupun footer.
  9. Kopilah combo box KodeRek di detail ke bagian KodeRek header, lalu beri nama combo box itu = KodeRekGrup. Di sebelah kanan combo box KodeRekGrup, sisipkan text box dengan nama=KodeRekGrupNama dan Control Source= =[KodeRekGrup].[column](1).
  10. Pada bagian KodeRek footer, sisipkan text box dengan Control Source= ="Subtotal " & [KodeRekGrup] & "-" & [KodeRekGrupNama].
  11. Berikut ini adalah event procedure yang ada pada Report_rptNeraca LajurLengkap.
    Option Compare Database
    Private Sub KodeRek_Click()
      BuatTabelBukuBesar
      BuatSemuaBB Lengkap, Me.KodeRek, Form_frmNeracaLajur. drTglTransaksi, Form_frmNeracaLajur.sdTglTransaksi, Nz(Me.Deriv1, ""), Nz(Me.Deriv2, "")
      globNeracaLajur = "frmNeracaLajurLengkap"
      PreviewUnRefresh "rptBukuBesarLengkap", True
    End Sub
    Private Sub Report_Open(Cancel As Integer)
      Me.Caption = "Laporan Neraca Lajur Lengkap " & Nz(IdPerusahaan("Nama"), "")
      If Me.CurrentView = 6 Then
        Me.Indikator.Visible = True
      End If
    End Sub

Gambar 1
Hasil akhir report design akan tampak seperti Gambar 1. Di gambar itu, kita bisa melihat report control yang berisi Control Source lengkap. Beberapa Control Source mungkin sudah pernah kita pelajari di report atau form yang lain, jadi kita dapat mengkopinya dari report atau form yang lain itu.

Bila kita ingin membuat laporan neraca lajur dalam bentuk yang ringkas, maka kita dapat mengkopi rptNeracaLajurLengkap dari Navigation pane dan paste dengan nama rptNeracaLajurRingkas.
Gambar 2

Setelah itu, bukalah rptNeracaLajurRingkas dalam Design view. Isikan properti Record Source= qryNeracaLajurGabung0  pada properti laporan. Hilangkan grup KodeRek header dan KodeRek footer. Pada bagian detail, hapuslah combo box Deriv1 dan Deriv2. Hasil akhir report design akan tampak seperti Gambar 2. Terakhir, hapus semua kode VBA yang ada di rptNeracaLajurRingkas, dan gantilah dengan kode VBA berikut ini:
Private Sub KodeRek_Click()
    BuatTabelBukuBesar
    BuatSemuaBB HanyaKodeRekUtama, Me.KodeRek, Form_frmNeracaLajur.drTglTransaksi, Form_frmNeracaLajur.sdTglTransaksi
    globNeracaLajur = "frmNeracaLajurRingkas"
    PreviewUnRefresh "rptBukuBesarRingkas", True
End Sub
Private Sub Report_Open(Cancel As Integer)
    Me.Caption = "Laporan Neraca Lajur Ringkas " & Nz(IdPerusahaan("Nama"), "")
    If Me.CurrentView = 6 Then
        Me.Indikator.Visible = True
    End If
End Sub

Comments

Posting Terpopuler

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database