Skip to main content

Mengaktifkan Ijin Akses Pengguna ke Form

Agar sebuah form bisa dibuka sesuai dengan pengaturan ijin yang telah kita buat, maka kita harus menambahkan fungsi tertentu ke dalam form. Fungsi itu digunakan untuk mengaktifkan ijin akses yang dimiliki oleh pengguna terhadap sebuah form yang akan dibuka.

Untuk mengecek apakah seorang pengguna mempunyai ijin untuk membuka sebuah form, tambahkan fungsi IjinDitolak yang ada pada mdlPengguna ke setiap form yang akan dibuka. Syntax penulisan fungsi IjinDitolak adalah sebagai berikut:

IjinDitolak(strNamaForm)

Parametere strNamaForm adalah nama form yang akan dicek apakah pengguna yang login mempunyai ijin akses atau tidak. Hasil fungsi itu bisa benar/ya bila ijin pengguna yang login untuk membuka form ditolak, dan salah/tidak bila ijin pengguna yang login untuk membuka form diterima. Sebagai misal, untuk mengecek apakan pengguna yang login dapat membuka form frmNeracaLajur, maka letakkan fungsi di atas pada event procedure form On Open seperti berikut:
Private Sub Form_Open(Cancel As Integer)
  If IjinDitolak("frmNeracaLajur") Then
    MsgBox TampilkanLogin & " tidak bisa mengakses menu/form ini"
    Cancel = True
    Exit Sub
  End If
End Sub
Prosedur di atas berarti bahwa jika ijin seorang pengguna yang sedang login untuk membuka form frmNeracaLajur ternyata ditolak, maka Access akan menampilkan pesan bahwa pengguna yang login tidak bisa mengakses menu/form ini. Jika ijin pengguna yang sedang login ternyata diterima (tidak ditolak), maka form akan terbuka dan pengguna dapat melakukan aktivitasnya di form Neraca Lajur. Kriteria ijin ditolak atau diterima ada di Tabel 8 Daftar ijin pada sistem yang kita buat, dengan nama ijin p_NeracaLajur.
Gambar 1
Fungsi IjinDitolak ini harus dipergunakan di dalam sebuah pernyataan if..end if dan dijalankan pada saat pertama kali sebuah form akan dibuka. Jadi, penempatannya harus seperti di atas, menggunakan event procedure form on open. Bila sebuah form akan dibuka, maka funsgi itu akan dijalankan lebih dahulu. Bila seorang pengguna tidak mempunyai hak akses, maka si pengguna tersebut akan ditolak dengan memberikan pesan seperti terlihat pada Gambar 1. Pada gambar itu, pengguna dengan nama Anne tidak bisa mengakses Form Rekening Utama karena dia tidak mempunyai akses ke form ini.

Kita dapat menaruh pernyataan if IjinDitolak... End If pada sebuah report yang relevan dengan form. Misalnya, menempatkan pernyataan di atas pada event procedure on open di dalam report rptNeracaLajurLengkap.

Comments

Posting Terpopuler

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database