Skip to main content

Penjelasan Ringkas tentang Budget

Budget adalah rencana kerja yang disusun untuk satu periode waktu. Dalam pengertian keuangan, rencana kerja itu ditransformasikan dalam satuan moneter. Seperti kita ketahui, aktivitas operasi sebuah perusahaan itu bisa dihitung dengan berapa unit produk yang dihasilkan oleh bagian produksi, jumlah sumber daya manusia yang dipekerjakan menurut hitungan bagian personalia, berapa kebutuhan alat tulis kantor menurut bagian umum, dan sebagainya. Masing-masing dari bagian itu mempunyai budget kuantitas sendiri-sendiri yang satu dengan yang lain mungkin berbeda. Tetapi, sebagai bagian dari entitas perusahaan, mereka semua harus menggunakan satuan ukuran budget yang bisa diterima oleh semua pihak, yaitu satuan moneter, misalnya rupiah, dolar, euro, dan sebagainya.

Budget umumnya disusun selama satu periode yang telah disepakati bersama, misalnya satu tahun. Dengan demikian, pencatatan transaksi keuangan oleh bagian akuntansi juga harus mengikuti periode ini. Periode ini dalam akuntansi disebut dengan periode akuntansi. Jadi, budget disusun selama satu periode akuntansi itu, misalnya dari Januari sampai dengan Desember pada tahun yang sama, April tahun ini sampai dengan Maret tahun depan, dan seterusnya.
Gambar 1
Fungsi budget ada dua, yaitu sebagai fungsi perencanaan dan fungsi kontrol. Sebagai fungsi perencanaan, budget digunakan untuk merencanakan seluruh kegiatan keuangan perusahaan yang meliputi berapa target penjualan, laba bersih, pembelanjaan kapital, jumlah tenaga kerja, serta arus kas perusahaan.

Sebagai fungsi kontrol, budget digunakan untuk membandingkan realisasi (pelaksanaan) dengan rencana yang telah ditetapkan. Jika dalam pelaksanaan, ternyata ada penyimpangan terhadap budget, maka penyimpangan itu harus bisa dijelaskan secara wajar menurut logika bisnis.

Pada sofware akuntansi ini, kita hanya memasukkan data budget secara keuangan saja. Untuk data kuantitas, umumnya sofware akuntansi tidak menyediakan. Pada perusahaan dengan sistem yang terintegrasi satu bagian dengan yang lain, budget secara kuantitas biasanya tersedia di masing-masing bagian.

Kita akan memasukkan data budget yang dibuat oleh tiap-tiap departemen dari sebuah perusahaan. Dalam sistem yang kita buat ini, departemen diwakili oleh Deriv1, yang tabel induknya ada di tblRekDerivatif1. Jadi, semua pengelompokkan budget dalam buku ini menggunakan field Deriv1.

Comments

Posting Terpopuler

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database