Skip to main content

Membuat Startup Form di Access

Pada sebuah file yang mempunyai kode VBA atau Macro, sebelum file itu terbuka, Access akan selalu menampilkan pesan peringatan keamanan yang tertulis:

Security Warning Certain content in the database has been disabled

Disamping kanan tanda peringatan ada tombol perintah Options. Access, secara default, akan mematikan database yang mengandung kode VBA atau Macro. Access tidak akan mampu mendeteksi apakah kode VBA atau Macro yang ada di dalam database itu berbahaya atau tidak. Hanya pengguna database itulah yang tahu. Bila membuka file yang telah dibuat ini secara berulang kali, hal ini akan mengganggu kita. Jika pengguna mengetahui bahwa kode VBA atau Macro itu dibuat oleh sumber atau orang yang bisa diandalkan, maka dia bisa memilih opsi Enable this content, seperti pada Gambar 1.

Gambar 1
Untuk menghindari ketidaknyaman, kita bisa membuat startup form yang khusus memberitahu kita cara memfungsikan kode VBA atau Macro. Kita bisa membuat form kosong yang di dalamnya disisipkan label dengan Caption:
Selamat datang di Sofware akuntansi. Supaya sistem ini bisa digunakan, harap klik 'Options...' pada baris pesan (Message Bar) di atas dan pilihlah 'Enable this content'. Cara lainnya, bukalah sistem ini di lokasi yang bisa dipercaya (trusted location).

Lihat Gambar 2 berikut ini.
Gambar 2
Simpanlah form itu dengan nama frmStartUp dan atur properti form itu:
  1. Caption= Startup
  2. Navigation Buttons=No
  3. Record Selectors=No
  4. Border Style=Thin
  5. Auto Center=Yes.
Langkah selanjutnya adalah membuat macro dengan nama AutoExec, seperti tampak pada Gambar 3, yang akan dieksekusi secara otomatis pada saat file pertama kali terbuka.
Gambar 3
Macro itu memerintahkan Access untuk membuka form frmStartUp bila file yang dibuka ditengarai tidak berasal dari sumber yang bisa diandalkan (ditandai dengan munculnya security warning pada message bar). Setelah itu, bila si pengguna percaya dan memilih enable this content, maka Access akan membuka form frmLogin sebagai form selanjutnya yang harus dibuka.

Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database