Skip to main content

Memahami Class Procedure ([Event Procedure]) pada Access VBA

Setiap form dalam database mempunyai class module yang menyimpan semua kode yang hanya bisa digunakan di form itu saja. Untuk membuka class module sebuah form, terlebih dahulu kita harus membuka sebuah form dalam format Design view atau dengan membuat form baru. Biasanya, kita ingin mengaitkan kode yang kita buat itu dengan sebuah object atau event.

Module adalah sebuah tempat yang berisi kode VBA, di mana kode itu diatur dalam bagian-bagain kecil yang disebut prosedur. Sebuah class module (modul kelas) adalah modul yang berisi class procedure (prosedur kelas). Modul dan prosedur di dalamnya diprogram khusus untuk form (atau report) di mana class module itu terpasang.

Sebagai contoh, tombol perintah pada sebuah form adalah sebuah object. Setiap tombol perintah mempunyai properti event On Click yang bisa dieksekusi saat pengguna menekan tombol perintah pada form yang dibuka dengan format Form view. Jika ingin menuliskan kode VBA yang bisa dijalankan setiap kali pengguna menekan tombol perintah, kita harus mengaitkan kode ke properti event On Click dari tombol perintah itu.

Untuk melihat event apa saja yang terdapat dalam sebuah object, kita harus membuka property sheet dari object itu. Nah, pada property sheet itu, pilihlah tab Event. Di tab itu, kita bisa melihat berbagai macam property event yang kita bisa buat kode VBA-nya.
Kita dapat membuat event procedure pada properti event yang diinginkan dengan memilih [Event Prcedure] atau klik tombol Build (...) sehingga akan muncul kotak dialog Choose Builder. Pilih Code Builder dan klik tombol OK. VBA Editor akan membuka dan class module siap untuk dirancang.

Pada saat membuka VBA Editor, baris pertama dan terakhir dari procedure yang ingin kita rancang secara otomatis telah disiapkan, sehingga kita hanya perlu menuliskan isinya saja. Nama procedure yang otomatis disiapkan itu merupakan kombinasi dari object dan nama event yang diikuti dengan sepasang tanda kurung (“()”). Sebagai misal, procedure yang dijalankan bila ada pengguna menekan tombol dengan properti Name=Tutup seperti pada gambar di atas adalah Tutup_Click(). Dengan demikian, baris pertama dan terakhir akan tertulis seperti ini:
Private Sub Tutup_Click()
 
End Sub
Isi kode VBA yang akan dijalankan melalui event On Click harus ditulis di antara dua baris itu. Setelah kita menuliskan kode yang perlu, simpanlah dengan cara memilih menu File-Save, atau tekan tombol Ctrl S pada keyboard. Kita dapat menutup VBA Editor atau berpindah kembali jendela ke Design view Access sebelum VBA Editor terbuka. Pada properti event On Click kita melihat tulisan [Event Procedure] yang berarti kode VBA sudah dikaitkan dengan properti object yang bersangkutan. Dengan dikaitkannya kode VBA ke [Event Procedure] pada properti On Click, bila kita menekan tombol Build pada properti itu, VBA Editor langsung terbuka dan mengarah ke procedure ini, ditandai dengan kursor yang sudah berada di dalamnya.

Setiap tipe kontrol mempunyai kombinasi event yang unik di mana kita bisa mengaitkan kode VBA. Bila membuka property sheet dari sebuah kontrol, entah itu option button, command button, text box, combo box, list box, dan sebagainya dalam sebuah form, maka kita dapat melihat berbagai macam property yang ada dalam tab Event.

Kita mungkin tidak membutuhkan semua property yang ada di tab Event. Berikut ini adalah property pada tab Event yang sering digunakan dalam sebuah form control:
  • On Click (Click): terjadi bila pengguna mengeklik control (menekan mouse kiri).
  • On Change (Change): terjadi bila isi nilai dari Text Box, Combo Box, atau Tab yang telah diedit berbeda dengan nilai sebelum pengeditan terjadi.
  • Before Update (BeforeUpdate): terjadi bila pengguna mengubah data dalam control tetapi sebelum data baru itu melalui proses validasi dan sebelum recordnya diperbarui.
  • After Update (AfterUpdate): terjadi bila pengguna mengubah data dalam control, data baru itu sudah melalui proses validasi, dan recordnya diperbarui.
Nama dalam kurung digunakan untuk pengkodean saat berada di VBA editor. Sebagai misal, bila kita mengaitkan sebuah procedure pada properti event On Click pada sebuah control yang bernama Tutup (Seperti contoh di atas), maka procedure dalam VBA itu akan secara otomatis bernama Tutup_Click().

Aplikasi class procedure dengan menggunakan contoh merupakan cara belajar yang paling baik. Kita dapat mempelajarinya di Bab 6 sd selesai pada Daftar Isi.

Comments

  1. Terimakasih, Artikelnya sangat bermanfaat.
    Oh ya sekedar informasi, bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk berbagai event yang akan diselenggarakan bisa hubungi kita Arthur Teknik.

    Salam Blogger Min.

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access