Skip to main content

Memahami Kategori pada Navigation Pane dan Kegunaannya di Access

Navigation Pane adalah lokasi sentral tempat kita bisa melihat dan mengakses objek dalam database Access. Di Navigation Pane itu, kita bisa membuka form, report, atau memasukkan data secara langsung ke dalam tabel. 

Saat kita membuka aplikasi Access, di sebelah kiri dari jendela Access, ada Navigation Pane. Navigation Pane berisi daftar semua tipe objek dalam database Access yang sedang dibuka. Adapun tipe objek dalam database Access terdiri dari tables, queries, forms, reports, macros, dan modules.

Gambar 1 Navigation pane berdasarkan kategori Object Type (Default)

Kita menggunakan Navigation Pane ini untuk membuka sebuah objek. Kita juga bisa mengatur tampilan objek yang ada di Navigation Pane sesuai selera, misalkan dengan membuat kombinasi antara tipe objek tables dan forms. Caranya, kliklah tombol drop-down list yang ada di baris judul Navigation Pane untuk menampilkan pilihan yang tersedia. Pilihan yang ada di drop-down list dibagi menjadi dua kategori yang saling berkaitan: Navigate To Category dan Filter By Group. Pertama, kita harus memilih kategori yang ada di Navigate To Category. Kedua, berdasarkan pada pilihan pertama, kita menyaring objek berdasarkan kelompok (grup). Berikut ini adalah penjelasan masing-masing kategori.

Custom

Kategori Custom akan membuat tab baru di Navigation Pane. Tab yang baru, secara default diberi nama Custom Group 1 dan berisi object Access yang bisa di-drag untuk kemudian di-drop ke area Custom Group 1. Item yang ditambahkan ke custom group tetap berada di masing-masing objek seperti tables, forms, dan lain-lain.

Untuk membuat atau mengedit Custom Group, ikuti langkah berikut ini:
  1. Klik Tab Ribbon File, lalu pilih Options untuk menampilkan Access Options.
  2. Pada Access Options, pilihlah tab Current Database yang ada di sisi sebelah kiri, sehingga akan muncul Options for Current Database. Selanjutnya, gulung layar di Access Option ke bawah sehingga tampilan Access Options seperti gambar di bawah ini.
    Gambar 2 Access Options - Navigation Options...
  3. Pilih Navigation Options… di bagian Navigation untuk menampilkan kotak dialog Navigation Options seperti Gambar 3 di bawah ini:
    Gambar 3 Kotak dialog Navigation Options untuk kategori Custom

    1. Untuk mengganti Custom Group 1, sorotlah Custom Group 1 seperti pada gambar di atas, lalu tekan Rename Group. Kita dapat mengganti Custom Group 1 sesuai dengan selera, misalnya Grup Jurnal Temporer.
    2. Untuk menambahkan grup baru, tekan tombol Add Group, misalnya beri nama grup itu Grup Jurnal Permanen dan Grup Pengguna seperti pada Gambar 3.
  4. Bila sudah selesai membuat grup, tekan tombol OK untuk keluar dari kotak dialog Navigation Options.
  5. Tekan tombol OK untuk keluar dari Access Options.
  6. Selanjutnya, untuk mengelompokkan setiap object ke dalam grup, kita hanya perlu menarik (drag) objek ke dalam grup yang diinginkan. Misalnya menarik objek yang berada di object tables, queries, dan objek Access lainnya ke masing-masing tab kategori.
  7. Berikut ini adalah tampilan Navigation Pane dengan kategori Custom.
Gambar 4 Navigation pane yang disusun berdasarkan kategori grup yang dibuat sendiri

Pada gambar di atas, kita bisa menambahkan pula form, report, bahkan modul untuk memperjelas pengelompokannya. Jadi, bagi pengguna Access yang sudah membuat banyak sekali objek, maka pengkategorian objek di Navigation Pane menggunakan Custom akan sangat membantu. Dengan membuat sendiri tab yang ada di Navigation Pane, kita bisa lebih fokus memahami suatu permasalahan dalam merancang dan memprogram database Access.

Setiap objek yang ada di alam kategori Custom adalah link dari objek yang sesungguhnya. Misalnya, pada gambar 4 di atas, kita bisa melihat ada tblRekDerivatif1 dan tblRekDerivatif2 di Grup Jurnal Temporer dan Grup Jurnal Permanen. Kedua tabel itu adalah link dari tabel tblRekDerivatif1 dan tblRekDerivatif2 yang sesungguhnya. Hal yang sama terjadi juga pada objek berupa query, form, report, macro dan module. Jadi bila kita sedang menangani Jurnal Temporer, misalnya, kita bisa fokus melihat objek lain yang terlibat di dalam Grup Jurnal Temporer itu. Grup lainnya bisa kita sembunyikan sementara waktu.

Object Type

Kategori Object Type pada Navigation Pane merupakan default saat kita membuat sebuah database Access. Bila kategori Object Type yang dipilih, maka pada Filter by Group akan muncul objek berikut ini:
  • Tables
  • Queries
  • Forms
  • Reports
  • All Access Objects
Secara default, Navigation Pane menampilkan semua objek Access. Kita dapat memilih salah satu object pada bagian Filter By Group, entah itu Tables, Queries, Forms, Reports, atau Modules. Bila ingin semua objek ditampilkan, maka pilihlah All Access Objects seperti pada Gambar 1 di atas.

Tables and Related Views

Kategori Tables and Related Views digunakan untuk menampilkan hubungan tersembunyi antar objek dalam database yang sedang dibuka. Pada kategori ini, Access akan secara otomatis mencoba mengelompokkan objek yang mempunyai keterkaitan dengan tabel tertentu. Sebagai contoh, sebuah tabel mungkin digunakan di sejumlah query atau menjadi referensi dari form atau report. Dengan mengaktifkan kategori ini, kita bisa melihat keterkaitan antara query, form, atau report di satu sisi dengan sebuah tabel di sisi lain.

Saat kita menggunakan kategori Table and Related Views untuk menampilkan objek di Navigation Pane, kategori Filter by Group akan menampilkan daftar tabel yang ada di database. Dengan memilih salah satu tabel yang ada di daftar Filter by Group, kita dapat melihat objek lain yang mempunyai hubungan tersembunyi dengan tabel yang dipilih.
Gambar 5 Navigation pane disusun berdasarkan kategori Table and Related View

Pada gambar di atas, terlihat bahwa grup tblBukuBesar berisi objek berupa tabel, query, form, dan report yang berkaitan dengan tblBukuBesar. Pada objek itulah, tblBukuBesar mempunyai hubungan yang tersembunyi. Pengkategorian seperti ini mirip dengan kategori yang dibuat sendiri (Custom). Pada kategori Table and Related Views, Access yang mencari dan mengelompokkan objek berdasarkan tabel, sedangkan bila dibuat sendiri, maka kita yang mengelompokkannya sesuai dengan ide yang ada.

Created Date

Kategori Created Date pada Navigation Pane mengelompokkan objek database berdasarkan tanggal pembuatannya. Pengelompokkan ini berguna bila kita ingin mengetahui kapankan sebuah objek itu dibuat.

Bila kategori Created Date dipilih, maka daftar yang ditampikan di Filter by Group adalah sebagai berikut:
  • Today
  • Yesterday
  • Last Week
  • Two Weeks Ago
  • Older
Lihat ilustrasinya pada gambar di bawah.

Modified Date

Kategori Modified Date pada Navigation Pane mengelompokkan objek database berdasarkan tanggal terakhir sebuah objek dimodifikasi. Pengelompokkan ini berguna bila kita ingin mengetahui kapankan sebuah objek terakhir kalinya dimodifikasi.

Bila kategori Modified Date dipilih, maka daftar yang ditampikan di Filter by Group adalah sebagai berikut:
  • Today
  • Yesterday
  • Last Week
  • Two Weeks Ago
  • Older

Comments

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Mengenal Jenis dan Kegunaan Layout Pada Form di Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access