Skip to main content

Fungsi Untuk Menutup Database di Access VBA

Pada aplikasi database yang menggunakan back-end dan front-end, sebagai pengembang database, kita harus bisa menemukan cara bagaimana menghemat bandwith dan membuat lancar trafik jaringan. Ada banyak cara digunakan, salah satunya adalah dengan membuka dan menutup database back-end, melalui aplikasi yang ada di front-end.

Gambar Fungsi menutupDbs, untuk menutp database via Access VBA, dijalankan di Immediate Window, berawal dari module, terlihat file Database_be.accdb ditutup ditandai dengan hilangnya file Database_be.laccdb di Window Explorer
Cara membuka dan menutup database back-end melalui front-end ini umum dilakukan. Tujuannya, supaya trafik jaringan tidak padat, dan dapat digunakan untuk kegiatan lainnya. Mekanismenya, secara singkat, adalah membuka database saat ingin mengambil data dari back-end. Setelah data selesai diambil, ditransfer, dan ditaruh di front-end, database back-end ditutup. Untuk membuka database back-end, silakan baca di posting yang berjudul Fungsi Untuk Membuka Database di Access VBA. Bila database sudah tidak diperlukan lagi, kita menutupnya.

Menutup database adalah proses yang paling akhir dilakukan saat selesai mengakses database. Untuk menutup database, kita menggunakan fungsi menutupDbs seperti di bawah ini:

Function menutupDbs()
On Error GoTo Err_Msg
  If Not (daoDbs Is Nothing) Then
    daoDbs.Close
    Set daoDbs = Nothing
  End If
Exit_Function:
  Exit Function
Err_Msg:
  MsgBox "Function menutupDbs, Error # " & str(Err.Number) & ", source: " & Err.Source & _
  Chr(13) & Err.description
  Resume Exit_Function
End Function
Saat database dibuka dengan menjalankan fungsi membukaDbs, kita mendeklarasikan sebuah variabel global di bagian paling atas sebuah module dengan nama daoDbs. Variabel daoDbs dapat dibaca di posting yang berjudul Fungsi Untuk Membuka Database di Access VBA. Variabel global inilah yang akan ditutup saat menjalankan fungsi menutupDbs. Untuk itu, supaya fungsi menutupDbs bisa dijalankan, modul di Access harus mempunyai deklarasi dan fungsi yang ada di posting untuk membuka database itu. Denga menjalankan fungsi menutupDbs, maka database akan ditutup.

Implementasi:
Fungsi menutupDbs hanya bisa dijalankan bila fungsi membukaDbs dijalankan terlebih dahulu. Menjalankan fungsi menutupDbs akan menutup sebuah database yang diatur melalui varibel daoDbs yang ada dalam fungsi membukaDbs. Jika daoDbs tidak diatur, fungsi ini tidak melakukan apapun. Biasanya, kita mengaplikasikan fungsi menutupDbs pada sebuah event procedure Form On Close, pada saat sebuah tombol diklik melalui event procedure On Click. Contoh eksekusi menutupDbs di Immediate Window:

?menutupDbs
Mengetikkan fungsi di atas dalam di Immediate Window akan menutup database yang telah ditetapkan melalui pengaturan daoDb. Untuk cotohnya, silakan lihat gambar di atas.

Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access