Skip to main content

Fungsi Left di MS Acccess

Di Access, fungsi Left digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter tertentu yang dihitung dari sebelah kiri dalam sebuah teks. Nilai yang dihasilkan dari fungsi Left adalah teks dengan tipe data Variant (String) dengan panjang sejumlah karakter tertentu.

Sintaks penulisan fungsi Left adalah sebagai berikut:

Left(String, Length)

Keterangan:

String (teks): wajib diisi, berupa teks dengan tipe data String/Text. Jika nilai String adalah Null, maka fungsi Left akan bernilai Null.

Length (panjang): Wajib diisi, berupa angka dengan tipe data Variant (Long). Angka ini menunjukkan berapa jumlah karakter yang ingin ditampilkan. Jika 0, maka fungsi Left akan berisi "" (karakter kosong yang panjangnya 0). Jika lebih besar atau sama dengan jumlah karakter yang ada pada String, maka fungsi Left akan menampilkan seluruh String.

Untuk menentukan berapa banyak jumlah karakter dalam sebuah teks, kita bisa menggunakan fungsi Len.

Selain fungsi Left, ada fungsi lain yang merupakan variasi fungsi ini, yaitu Left$, LeftB, dan LeftB$. Fungsi Left$ pada dasarnya sama dengan fungsi Left. Perbedaannya, bila fungsi Left, nilai yang dihasilkan berupa Variant (String), fungsi Left$, nilai yang dihasilkan adalah String.

Fungsi LeftB, nilai yang dihasilkan berupa Variant (String) juga. Perbedaan dengan fungsi Left terletak pada Length. Pada fungsi LefB, Length menyatakan jumlah angka dalam byte (bukan desimal). Fungsi LefB$ adalah LefB dengan nilai yang dihasilkan berupa String.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi Left di VBA.

? Left("Sepak Bola",5)
Sepak

? Left$("Sepak Bola",5)
Sepak

? LeftB("Sepak Bola",5)
Se

? LeftB$("Sepak Bola",5)
Se

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Mengenal Jenis dan Kegunaan Layout Pada Form di Access