Skip to main content

Fungsi Mid di MS Access

Di Access, fungsi Mid digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter tertentu yang dihitung dari posisi tertentu dalam sebuah teks dengan panjang karakter tertentu. Nilai yang dihasilkan dari fungsi Mid adalah teks dengan tipe data Variant (String) dengan panjang sejumlah karakter tertentu.

Sintaks penulisan fungsi Mid adalah sebagai berikut:

Left(String, Start[, Length])

Keterangan:

String (teks): wajib diisi, berupa teks dengan tipe data String/Text. Jika nilai String adalah Null, maka fungsi Mid akan bernilai Null.

Start (mulai): Wajib diisi, berupa angka dengan tipe data Long. Angka ini  menunjukkan posisi awal saat sebuah String ingin diambil nilainya. Jika Start lebih besar dari pada jumlah karakter yang ada dalam sebuah String, fungsi Mid berisi karakter dengan panjang nol ("").

Length (panjang): Bersifat opsional, berupa angka dengan tipe data Variant (Long). Angka ini menunjukkan berapa jumlah karakter yang ingin ditampilkan. Jika tidak diisi, maka fungsi Mid akan menampilkan seluruh String, dimulai dari posisi Start.

Untuk menentukan berapa banyak jumlah karakter dalam sebuah teks, kita bisa menggunakan fungsi Len.

Selain fungsi Mid, ada fungsi lain yang merupakan variasi fungsi ini, yaitu Mid$, MidB, dan Mid$. Fungsi Mid$ pada dasarnya sama dengan fungsi Mid. Perbedaannya, bila fungsi Mid, nilai yang dihasilkan berupa Variant (String), fungsi Mid$, nilai yang dihasilkan adalah String.

Fungsi MidB, nilai yang dihasilkan berupa Variant (String) juga. Perbedaan dengan fungsi Mid terletak pada Start dan Length. Pada fungsi MidB, Start dan Length menyatakan jumlah angka dalam byte (bukan desimal). Fungsi MidB$ adalah MidB dengan nilai yang dihasilkan berupa String.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi Mid di VBA.
? Mid("Sepak Bola",3,6)
pak Bo

? Mid("Sepak Bola",3)
pak Bola

? Mid$("Sepak Bola",3,6)
pak Bo

? Mid$("Sepak Bola",3)
pak Bola

? MidB("Sepak Bola",3,12)
epak B

? MidB$("Sepak Bola",3,12)
epak B

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Mengenal Jenis dan Kegunaan Layout Pada Form di Access