Skip to main content

Membuat Form Menggunakan Navigation di Access

Apa itu membuat Form Menggunakan Navigation? Pada dasarnya, form yang dibuat dengan menggunakan navigation berisi sejumlah tab yang dapat mempercepat akses dari satu form ke form lainnya dalam satu kesatuan form.
Video membuat form menggunakan navigation form

Sejak Access 2010. kita bisa membuat sebuah form yang dinamakan navigation form atau form navigasi. Form navigasi ini berisi satu atau lebih navigation control berupa tab, tetapi bukan tab/page control. Form navigasi dapat digunakan untuk menampilkan form yang berfungsi sebagai antarmuka untuk mengisi data atau menampilkan report dalam bentuk form.

Form navigasi hanya bisa digunakan untuk aplikasi desktop atau PC saja. Untuk aplikasi Access berbasis web, form navigasi ini tidak atau belum bisa digunakan. Untuk membuat form navigasi dengan cara yang lebih mudah, kita harus mengatur tampilan form dalam mode Layout View.

Bentuk form ini mirip dengan sebuah form yang dibuat menggunakan tab. Jadi form yang dibuat menggunakan navigation berisi tab yang didalamnya berisi form/subform. Umumnya, membuat form menggunakan navigation digunakan bila satu form dengan form lainnya saling berkaitan atau satu kelompok. Misalnya, form kepegawaian yang berisi form biodata, daftar hadir, dan gaji. Contoh lainnya, yang ingin kita buat di sini adalah satu kelompok rekening yang terdiri dari rekening utama (Membuat Form Menggunakan Form Wizard ), rekening derivatif 1, dan rekening derivatif 2 (Membuat Form Menggunakan Blank Form).

Video di atas memberikan penjelasan ringkas, bagaimana cara membuat form menggunakan navigation. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat form menggunakan navigation:
  1. Misalkan bentuk ketiga form rekening utama, rekening derivatif 1, dan rekening derivatif 2 tampak seperti Gambar 1 di bawah ini.
    Gambar 1. Form yang digunakan sebagai bahan membuat navigation form
  2. Setelah itu, pada ribbon Create, grup Navigation, pilih Horizontal Tabs sebagai uji coba.
    Gambar 2. Memilih Horizontal Tab sebagai bentuk navigation form
  3. Sebuah navigation form ditampilkan. Pastikan bahwa kita meggunakan tampilan Layout View untuk menaruh form ke dalam navigation form. Setelah itu:
    1. Tarik/drag form frmRekUtama ke atas tab [Add New]
    2. Tarik/drag form frmRekDerivatif1 ke atas tab [Add New]
    3. Dan terakhir, tarik/drag form frmRekDerivatif2 ke atas tab [Add New]
  4. Layout View dari Navigation Form sudah mulai terlihat. Supaya terlihat nyaman di mata dan mudah digunakan, rapikan tab sesuai ukuran kotak form.
    Gambar 3. Layout View dari navigation form yang baru dibuat
  5. Untuk melihat tampilan form saat digunakan sebagai antarmuka, ubahlah tampilan viewnya ke Form View.
  6. Simpan terlebih dahulu form navigasi dengan nama frmRekening.
  7. Ubah tampilannya ke Design View untuk memperbaiki format:
    Gambar 4. Design View dari navigation form
    1. Ganti judul pada tab frmRekUtama menjadi Rekening Utama
    2. Ganti judul pada tab frmRekDerivatif1 menjadi Rekening Derivatif 1
    3. Ganti judul pada tab frmRekDerivatif2 menjadi Rekening Derivatif 2
    4. Atur lebar judul tab secara otomatis dengan mengklik ganda pada tepi kanan judul tab
    5. Ubah judul form menjadi Daftar Kode Rekening
    6. Hapus semua kalimat "Daftar Kode Rekening - " yang ada di masing-masing  tab form. Simpan formnya setiap kali melakukan perubahan.
    7. Buanglah text box yang berisi fungsi tanggal dan waktu dan tempatkan text box yang berisi fungsi tanggal dan waktu ke Form Header
  8. Form menggunakan navigasi siap digunakan. Simpan kembali formnya dan ubah ke Form View untuk melihat hasil dan menggunakannya.
    Gambar 5. Tampilan akhir dari navigation form
Hasil akhir tampilan dari form yang dibuat menggunakan navigation form dapat dilihat di Gambar 5 di atas. Setelah tahu cara membuat form menggunakan navigation, kita dapat mengatur (atau membuat) tab untuk setiap form itu dengan bentuk yang berbeda, misalnya bentu vertikal, kombinasi vertikal dan horizontal, dan lain-lain. Caranya, pada saat di  ribbon Create, grup Navigation, kita hanya perlu memilih jenis tab yang diinginkan. Lalu, buat saja seperti langkah-langkah di atas.

Comments

  1. Replies
    1. Lewat https://access-terapan.blogspot.co.id/p/blog-page_27.html

      Untuk mendownload file, Mbak Kathrine harus terdaftar di https://plus.google.com/+AccessterapanBlogspot untuk memfollow. Setelah itu, nanti ada proses follow-back dari saya. Setelah follow-back inilah, mbak bisa mendownload file yang diinginkan.

      Delete
  2. terimakasih kak, artikelnya sangat membantu kak, semoga bermanfaat untuk orang banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Form dan Subform Menggunakan Form Wizard

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access