Skip to main content

Membuat Laporan Menggunakan Tombol Report

Tombol Report yang terletak di tab Create grup Roports dapat digunakan untuk membuat laporan sederhana dari suatu tabel atau query. Caranya sangat mudah. Arahkan mouse ke tabel yang laporannya ingin kita buat, sorotlah tabel itu, dan klik tombol Report. Selesai.

Setelah selesai membuat laporan, kita dapat memodifikasi properti dari report atau field yang ada. Sebagai contoh, tabel tblRekUtama. Sorotlah tabel tblRekUtama, lalu klik tombol Report. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini (Layout view):




Sekarang, lakukan langkah berikut ini:

  1. Ubahlah tampilan report ke Design view.
  2. Kita dapat mengubah Logo yang ada atau menghapusnya  (properti Name= Auto_Logo0).
  3. Klik dan tampilkan report properties dan ubahlah Caption menjadi  "Daftar Kode Rekening – Rekening Utama".
  4. Klik dan tampilkan properti Auto_Title0 dan ubahlah namanya menjadi  Daftar Kode Rekening – Rekening Utama". Sesuaikan lebar Auto_Title0 seperlunya.
  5. Pada bagian Page header  dan detail, susun kembali layoutnya sebagai berikut:
    • Sebelum diurutkan:  Rek_Kode - Rek_Nama - Rek_Grup
    • Setelah diurutkan:  Rek_Grup - Rek_Kode  - Rek_Nama
  6. Klik dan tampilkan properti Rek_Grup dan ubahlah properti berikut ini:
    1. Hide Duplicates = Yes
    2. Can Grow = No
    3. Can Shrink = No
  7. Sesuaikan batas atau border di Page header dan detail:
    1. Border Style = Solid
    2. Border Width = Hairline
  8. Simpanlah report dengan nama rptRekUtama. Bila dibuka dengan Print preview, report akan tampak seperti gambar di bawah ini:

Comments

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access