Skip to main content

Mengenal Tipe Jurnal Sebagai Sumber Transakasi

Nama tabel: tblTipeJurnal, nama form: frmTipeJurnal

Tabel tipe jurnal digunakan untuk menunjukkan sumber dari mana suatu transaksi itu dicatat. Transaksi keuangan dalam sebuah organisasi selalu melibatkan berbagai macam departemen. Departemen HRD misalnya, bertanggung jawab atas pembayaran gaji buruh, karyawan tetap dan honorer. Mereka mempunyai perhitungan sendiri dalam mengalokasikan biaya yang terkait dengan ketenagakerjaan beserta Undang-undangnya. Pada prinsipnya, alokasi biaya itu bermuara ke Departemen Akunting sebagai tempat terakhir dalam proses pelaporan keuangan perusahaan.

Bagi Departemen Akunting, transaksi yang berasal dari jenis atau tempat lain harus mempunyai identitas yang jelas sehingga memudahkan proses penelusuran balik jika suatu saat ada transaksi yang bermasalah. Identitas inilah yang ditunjukkan oleh tipe jurnal transaksi. Untuk transaksi yang berasal dari Departemen HRD, Departemen Akunting biasanya membuat jurnal penggajian atau payroll journal yang isinya tentu saja hal-hal yang berkaitan dengan transaksi penggajian. Departemen Akunting akan mendebit rekening biaya gaji dan mengkredit rekening hutang gaji.

database diagram

Di sisi lain, pada saat penggajian, Departemen HRD akan mengirimkan data gaji ke Departemen Keuangan untuk melakukan pembayaran gaji, entah secara tunai atau melalui transfer bank. Pembayaran gaji yang dilakukan oleh Dept. Keuangan kemudian akan dicatat oleh Dept. Akunting melalui tipe jurnal pengeluaran kas sebagai transaksi pelunasan hutang gaji, yaitu mendebit rekening hutang gaji dan mengkredit rekening kas atau bank.

Bila digambarkan, aliran data keuangan dari masing-masing aktivitas akan tampak seperti pada database diagram di atas. Dari gambar itu, terlihat hubungan antara General Ledger Database yang menjadi tanggung jawab Departemen Akunting dengan berbagai macam database yang menjadi tanggung jawab departemen lainnya seperti A/R berada di bagian Penagihan, inventori di PPIC, dan sebagainya. Berikut ini isi tblTipeJurnal yang sederhana. Kita dapat menambahkannya sesuai dengan kebutuhan organisasi yang ada.

Tipe Jurnal                                  Nama Jurnal Perlakuan Deskripsi
AJ Jurnal Penyesuaian dan Koreksi Penyesuaian
CDJ Jurnal Pengeluaran Kas Normal
CRJ Jurnal Penerimaan Kas Normal
GJ Jurnal Umum Normal
ZZZ Jurnal Penutup Penyesuaian

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access