Skip to main content

Cara Mudah Membuat Tabel di SQL Server Management Studio

Sama seperti di Access, membuat tabel di SQL Server juga terasa mudah. Caranya hampir sama dengan membuat tabel di MS Access.
Berikut ini adalah cara membuat tabel di SQL Server Managemant Studio.

Dengan menggunakan database Akunting seperti telah dibuat di posting yang berjudul Membuat Database Baru di SQL Server Management Studio, klik mouse kanan pada bagian Tables dari database Akunting, lalu pilih New, pilih Table...
Gambar 1. Membuat tabel menggunakan Object Explorer
Sebuah tabel akan terbuka dalam format Design View, yang terdiri dari kolom Column Name, Data Type, dan Allow Nulls. Di bawah ketiga kolom itu ada kotak Column Properties. Column Properties ini menjelaskan secara detail berbagai macam properti yang terkait dengan item baris di setiap Column Name.
Gambar 2. Tampilan design view sebuah tabel
Sekarang, kita mencoba untuk mengisikan rincian pada Column Name, Data Type, Allow Nulls, dan Column Properties seperti berikut ini:
Column Name Data Type Allow Nulls Description (pada Column Properties)
kodeRek char(3) False Masukkan kode rekening yang unik
namaRek char(100) True Nama atau deskripsi rekening
grup char(1) True Pilih salah satu grup: Aktiva, Hutang, Ekuitas, Pendapatan, Biaya, atau Ringkasan Pendapatan
Setelah semua nama kolom beserta propertinya sudah cukup terisi, aturlah kolom kodeRek sebagai Primary Key. Caranya, klik mouse kanan pada baris kodeRek untuk menampilkan shortcut menu, lalu pilih Set Primary Key.
Gambar 3. Membuat primary key
Bila rincian masing-masing kolom dari tabel sudah terisi, kita dapat menyimpannya dengan menekan menu File, lalu pilih Save Table_1. Cara lain untuk menyimpan, letakkan mouse di bagian tab dari tabel, lalu klik mouse kanan untuk menampilkan menu shortcut dan pilih Save Table_1. Isikan nama tabel yang diperlukan, misalnya tblRekUtama seperti pada gambar di 2 atau 3 di atas.

Tabel yang sudah disimpan ditaruh di bagian Tables dari database Akunting. Jika tabel yang baru saja dibuat tidak terlihat, maka kita mesti merefresh Tables pada database Akunting. Caranya, sorot pada folder Tables dari database Akunting, klik mouse kanan untuk menampilkan menu shortcut lalu pilih Refresh (lihat pada Gambar 1, menu item Refresh di bagian bawah).

Comments

Post a Comment

Posting Terpopuler

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Form dan Subform Menggunakan Form Wizard