Skip to main content

Fungsi StrReverse di MS Access

Di Access, fungsi StrReverse digunakan untuk menampilkan string atau teks dengan urutan terbalik. Tulisan yang biasa dibaca dari kiri ke kanan akan ditampilkan secara terbalik, yaitu urutan paling kanan akan menjadi paling kiri, dan urutan paling kiri akan menjadi paling kanan.
Sintaks penulisan StrReverse adalah sebagai berikut:

StrReverse (Expression)

Expression (Ekspresi): wajib diisi, berisi string atau teks yang urutannya akan dibalik. Jika Expression berisi karakter dengan panjang nol (""), maka hasil fungsi StrReverse juga berisi karakter dengan panjang nol. Jika Expression bernilai Null, fungsi StrReverse akan menampilkan pesan kesalahan.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi StrReverse di VBA Immediate Window:
? StrReverse("AbcD")
DcbA
? StrReverse("tulisan")
nasilut
? StrReverse("nasilut")
tulisan
Lalu, pertanyaan yang muncul, pada situasi apakah kita menggunakan fungsi StrReverse? Jawabannya, saat kita ingin melakukan encode data. StrReverse dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menyembunyikan data supaya tidak mudah dipahami. Tentu saja, kalau hanya menggunakan fungsi StrReverse, data masih bisa ditebak dan dibaca. Jadi, kita bisa menggunakan kombinasi berbagai macam fungsi yang tersedia di VBA Access, untuk digabung dengan fungsi StrReverse. Berikut ini contoh meng-encoode data:
? StrReverse(Asc("A"))
56
Contoh di atas, kita mengkonversi huruf A besar untuk ditampilkan secara angka dari kode ASCII. Huruf A besar pada kode ASCII bernilai 65. Setelah itu, angka 65 dibalik dengan menggunakan fungsi StrReverse menjadi 56.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access