Skip to main content

Membuat Form Menggunakan Blank Form

Jika ingin membuat form sendiri tanpa melalui bantuan Form Wizard, maka kita dapat membuat sendiri melalui Blank Form atau form kosong yang belum terbentuk. Dengan Blank Form, Access memberikan banyak fleksibilitas dalam mendesain form sesuai dengan keinginan. Umumnya, membuat form melalui Blank Form digunakan bila field yang diletakkan dalam form itu jumlahnya tidak terlalu banyak.
Untuk membua form dengan Blank Form, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik tab Create, pada grup Forms klik Blank Form. Access akan menampilkan sebuah form kosong dalam bentuk Layout view dengan kotak Field List pane di samping kanan.
  2. Pilihlah tblRekDerivatif1 pada daftar menu di kotak Field List pane. Arahkan mouse ke field KodeDeriv1. Untuk meletakkan field ini ke dalam form kosong, klik ganda atau tarik field ini ke dalam form kosong. Lakukan dengan cara yang sama untuk NamaDeriv1.
  3. Simpanlah terlebih dahulu form ini dengan nama frmRekDerivatif1.
  4. Untuk mengatur tata letak masing-masing field dalam form, klik mouse kiri ke tanda plus di pojok kiri atas agar semua field tersorot. Setelah itu klik tab Arrange seperti gambar di bawah.
    Pilih Remove pada grup Control Layout untuk memisahkan Group Layout menjadi Invidual Layout. Dengan tata letak secara individu (Individual Layout) kita bisa mengatur tampilan masing-masing field sesuai dengan keinginan. Cara ini mirip dengan cara ‘Membuat form dengan menggunakan Form Wizard’ langkah ke delapan yang dilakukan melalui shortcut menu.
    Tampilan Group Layout pada form sebelum dilakukan proses Remove
    Tampilan Group Layout pada form setelah dilakukan proses Remove
  5. Klik tab Format, dan pilih atau klik Title pada grup Controls. Ketikkan "Daftar Kode Rekening – Rekening Derivatif 1" untuk memberi nama judul form.
  6. Klik Date and Time pada grup Controls untuk menambahkan tanggal dan waktu ke dalam form.
  7. Bentuklah form frmRekDerivatif1 dengan menggunakan format AutoFormat1 yang sudah tersimpan dalam AutoFormat Wizard. Caranya, pilih more pada grup AutoFormat dan klik AutoFormat Wizard....PilihAutoFormat1 dan klik OK. Pilihlah Leave each Text box unchanged jika ada pilihan itu dan klik OK. Format frmRekDerivatif1 akan sama dengan form frmRekUtama dengan tampilan seperti berikut ini:

Comments

  1. terimakasih kak, artikelnya sangat membantu kak, semoga bermanfaat untuk orang banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database