Skip to main content

Membuat Form Menggunakan Form Wizard

Form Wizard adalah cara paling mudah untuk membuat sebuah form yang disediakan oleh Access. Dengan menggunakan Form Wizard, pengguna dapat memilih field apa saja yang perlu ditampilkan di form, mengelompokan dan mengurutkan sesuai dengan keinginan. Kita akan menggunakan tblRekUtama sebagai uji coba pembuatan form melalui wizard ini.

Untuk membuat form dengan menggunakan Form Wizard, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Sorot tabel tblRekUtama pada Navigation pane.
  2. Klik tab Create, pilih More Form pada grup Forms, dan klik Form Wizard. Access akan menampilkan Form Wizard seperti gambar di bawah. Klik tombol untuk menambahkan field yang tersedia (Available Fields) ke field yang dipilih (Selected
  3. Fields). Klik tombol Next untuk melanjutkan.
  4. Pilih opsi Columnar dan klik tombol Next untuk melanjutkan.
  5. Pilih None lalu klik tombol Next untuk melanjutkan. Kelak, kita boleh memilih form AutoFormats yang kita ingin.
  6. Ketik frmRekUtama sebagai nama form, pilih opsi Modify the form's design, dan klik tombol Finish untuk mengedit desain.
  7. Form frmRekUtama telah selesai dibuat. Hasilnya akan tampak seperti gambar bawah. Form design yang terlihat masih tampak sangat kasar, sehingga kita perlu mengubah dan menambahkan berbagai macam format serta informasi yang kita butuhkan untuk bekerja. Langkah selanjutnya adalah melakukan perubahan dan penambahan informasi yang diperlukan.
  8. Sorot label frmRekUtama pada form header dan klik ganda mouse untuk mengganti judulnya menjadi Daftar Kode Rekening-Rekening Utama. Ubahlah properti Font Size-nya menjadi 18 sehingga tampilannya seperti ini:
  9. Klik pada field yang ada di area detail dan sorot tanda + di pojok kiri atas:
  10. Di dalam area yang disorot, klik mouse kanan untuk menampilkan shortcut menu dan pilih Layout - Remove untuk mengubah Group Layout menjadi Individual Layout. Dengan cara ini, kita dapat mengubah lebar masing-masing field dengan menarik garis batas sesuai dengan lebar field pada properti tabel tblRekUtama atau sesuka kita.
  11. Tambahkan tanggal dan waktu di pojok kanan atas dari form header dengan cara memilih Date and Time yang terletak di tab Design pada grup Controls.
  12. Bila mengeklik Views - Form view, form frmRekUtama akan tampak seperti di bawah ini:
  13. Perhatikan pada bagian Nama Grup yang berbentuk combo box. Bentuk combo ini secara otomatis dibuat oleh Access karena kita sudah mendesainnya pada saat pembuatan tabel tblRekUtama.
Untuk menyimpan format form yang sedang dipakai, sehingga kita dapat menggunakannya untuk form yang lain, lakukan langkah berikut ini:
  1. Ubah tampilan form ke Layout view, klik tab Format
  2. Pilih more on the AutoFormat group, dan klik AutoFormat Wizard ... ke Manage Auto Formats.
  3. Klik tombol customize...
  4. Pilih Create a new AutoFormat based on the Form ' frmRekUtama’, lalu klik OK.
  5. Ketik 'AutoFormat1' pada Style Name, klik OK untuk konfirmasi.
  6. Klik OK untuk mengakhiri. AutiFormat1 siap untuk diaplikasikan ke form yang lain.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access