Skip to main content

Mengatur Form Pada Access

Walaupun berbagai macam form sudah terbentuk, kita mungkin tidak puas dengan beberapa detail format. Oleh karena itu kita akan mencoba menata ulang tampilan form supaya enak dipandang dan informatif. Kita dapat menata ulang tampilan melalui Form view atau Layout view.

Secara umum, kita bisa menata ulang tampilan melalui tab Format dan tab Arrange. Di kedua tab itu, kita akan dengan mudah membuat tampilan form menjadi lebih menarik, seperti misalnya mengatur jenis, bentuk, warna, dan ukuran font, warna latar belakang, menambahkan logo, dan sebagainya.
Tab Format dengan berbagai macam grup dan aikon membuat tampilan form menjadi atraktif
Tab Arrange dengan berbagai macam grup dan aikon untuk mengatur tata letak form

Namun demikian, pengaturan form tidak hanya melulu melalui kedua tab di atas. Kita juga dapat mengatur tampilan melalui properti dari form yang sedang terbuka. Caranya adalah dengan menampilkan property sheet seperti yang tampak di Gambar 4.26 tab Arrange di atas pada grup Tools di sisi paling kanan. Contohnya pada gambar di bawah ini.
Property sheet ini akan terlihat lengkap bila form ditampilkan dengan Design view seperti pada di atas.

Ada lima tab tersedia di property sheet di atas yaitu tab Format, Data, Event, Other, dan All untuk gabungan dari keempat tab yang pertama. Khusus untuk tab Event, kita dapat menuliskan kode VBA, macro, atau menuliskan formula sederhana yang dapat dieksekusi bila ada suatu peristiwa (event). Pada bab-bab selanjutnya, kita akan banyak menggunakan tab Event ini untuk memanipulasi data dan tampilan form seperti memanipulasi properti pada tab Format, Data, maupun Other.

Contoh pengaturan form: menyembunyikan tombol navigasi dan selector record

Tombol navigasi atau Navigation Buttons berada di bagian paling bawah di form yang dibuka dengan Form view. Ada beberapa tombol di situ yang fungsinya antara lain melakukan filter, pencarian, dan perpindahan record baik ke sebelum maupun sesudah record yang sedang aktif. Sedangkan selektor record atau Record Selectors terletak di sisi paling kiri form. Fungsinya untuk menunjukkan record yang sedang aktif.
Untuk menyembunyikan kedua tombol itu cukup mudah. Ubahlah form ke Design view lalu buka property sheet, pastikan bahwa “Selector type: Form” dan combo box bernilai “Form”. Selanjutanya, klik tab Format, lalu carilah properti “Record Selectors” dan “Navigation Buttons” di sisi kiri lalu ubahlah nilanya dari “Yes” menjadi “No”, seperti di gambar di atas.

Tampilan form, setelah Record Selectors dan Navigation Buttons dihilangkan akan tampak seperti gambar di bawah. Dengan menyembunyikan tombol navigasi dan selektor record, form akan lebih enak dipandang. Di sisi lain, pengguna juga akan fokus ke record yang sedang aktif, tidak akan menekan tombol Next atau Previous hanya untuk sekedar ingin tahu. Pada bagian lain, kita akan dapat menampilkan tombol Next atau Previous, bahkan mengaktifkan maupun me-non-aktif-kan tombol-tombol tersebut.




Comments

  1. Mohon pencerahan pak.. Saya buat aplikasi di laptop, yg rencananya bisa dipakai di notebook, pc dll. Tp mgkn ada setting yg kurang/salah, sehingga di notebook, tampilan tidak otomatis menyesuaikan diri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access