Skip to main content

Membuat Form Menggunakan Tab atau Halaman

Adakalanya, satu tabel terdiri dari banyak field yang sebenarnya bisa dikelompokkan, namun karena satu dan lain hal, pemasukkan data melalui form menjadi tidak fokus. Nah, penggunaan Tab Control dalam mendesain form akan banyak membantu. Menambahkan tab atau page akan membuat sebuah form lebih terorganisir dan lebih mudah digunakan, terutama jika form mengandung banyak kontrol.

Untuk membuat form yang berisi tab, lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik tab Create, lalu pilih Form Design pada grup Form.
  2. Klik Tab Control pada tab Design grup Controls, lalu drag ke dalam form sehingga muncul tab seperti di bawah ini:
  3. Klik ganda mouse pada tab Page1 untuk menampilkan property sheet lalu ubahlah properti Name menjadi TahunBerjalan dan isikan Caption dengan “Tahun Berjalan”.
  4. Klik Add Existing Field pada tab Form Design Tool, pilih tabel tblPeriode, lalu drag field TglAwalTahun sampai dengan StatusThnBerjalan ke dalam page Tahun Berjalan. Aturlah tatak letak field dalam form sedemikian rupa seperti di bawah ini.
  5. Untuk memastikan urutan pemasukkan data berjalan sesuai dengan keinginan, urutkanlah field dalam page Tahun Berjalan dengan cara klik mouse kanan, kemudian pilih Tab Order. Urutkan seperti gambar (zig zag, dari kiri ke kanan lalu ke bawah):
    Lakukan hal yang sama pada tab Page2 dengan mengganti properti Name menjadi TahunSebelum dan Caption menjadi “Tahun Sebelumnya”. Sisipkan satu tab atau page. Caranya arahkan kursor mouse di dalam area page, lalu klik mouse kanan untuk menampilkan shortcut menu dan pilih insert page. Ubahlah properti Name menjadi TahunBerikut dan Caption menjadi “Tahun Berikutnya”. Lihat gambar di bawah.
    Form tab untuk tahun sebelumnya
    Form tab untuk tahun berikutnya
  6. Pada kotak Field List pane, drag field TglAwalThnSebelum, TglAkhirThn Sebelum, TglAwalBulanThnSebelum, TglAkhirBulanThnSebelum, dan StatusThn Sebelum ke dalam area page Tahun Sebelumnya. Selanjutnya, drag field TglAwalThnBerikut, TglAkhirThnBerikut, TglAwalBulanThnBerikut, Tgl AkhirBulanThnBerikut ke dalam area Tahun Berikutnya. Hasil akhir untuk dua page terakhir adalah sebagai berikut:
  7. Sisipkan judul dan tanggal pada form. Caranya, klik Title pada tab Form Design, grup Control, lalu ketiklah “Periode Akuntansi” sebagai judulnya, dan klik Date and Time untuk menyisipkan tanggal dan waktu.
  8. Pada properti form, isikan Caption = Periode Akuntansi.
  9. Simpanlah form periode ini dengan nama frmPeriode. Tampilan akhir frmPeriode dalam Form view adalah seperti gambar ini.

Comments

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access