Skip to main content

Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan bagian kecil dari sistem akuntansi. Namun demikian, software akuntansi sangat membantu pekerjaan akuntan yang tugasnya mencatat semua transaksi keuangan untuk kemudian diolah menjadi laporan keuangan. Software akuntansi adalah alat yang dibuat sesuai dengan sistem akuntansi yang berlaku di sebuah entitas.

Sebelum software akuntansi ada, semua pekerjaan dilakukan dengan manual, dari mulai mencatat transaksi ke dalam jurnal, memindahkan jurnal ke buku besar, dan terakhir menggolongkan semua rekening menjadi laporan keuangan. Dengan adanya software akuntansi, maka proses pencatatan menjadi jauh lebih efisien dan efektif sehingga bisa mengurangai biaya. Selain itu, keberadaan software akuntansi juga mampu menyediakan laporan keuangan yang tepat waktu, akurat dan lengkap, sehingga pengambilan keputusan keuangan menjadi lebih baik dan terarah.

Pada mulanya, software akuntansi dibuat secara sederhana, hanya digunakan untuk mencatat jurnal dan mempostingnya ke dalam buku besar untuk kemudian dibuat menjadi laporan keuangan. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, kini software akuntansi menjadi lebih kompleks karena memasukkan berbagai informasi relevan dalam suatu transaksi. Selain itu, perkembangan jaringan komputer memungkinkan software akuntansi dibuat terpadu dengan software lain seperti penggajian, produksi, dan lain sebagainya.

Umumnya, software akuntansi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman semacam C, Java, Visual Basic, dan sebagainya. Ada pun database yang digunakan untuk menyimpan data bisa bermacam-macam, ada Sql Server, mySQL, Oracle, dan Access. Blog ini akan membahas pembuatan software akuntansi dengan menggunakan Access Visual Basic for Application (VBA). Access adalah cara termudah untuk mempelajari database relasional karena Access menyediakan berbagai fitur seperti yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya dalam blog ini.

Software akuntansi yang ada di blog ini dibuat mengikuti penjelasan di postingan terdahulu.

Comments

  1. Software Akuntansi Easy Accounting System lebih stabil dan ada fitur import transaksi dari excel langsung ke system.

    www.easyaccountingstore.com
    download software easy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita disini pembahasanya membuat software mba biar mandiri...

      Delete
  2. yaps,semenjak adanya aplikasi akuntansi keuangan, pengelolaan keuangan bisnis sekarang jd lebih mudah

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan yang diatas

    LIMAX Accounting Software sudah berkiprah selama lebih dari 15 tahun dan telah memiliki ratusan client dalam bidang usaha yang sanagat bervariasi.
    Program kami juga telah siap pakai dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan

    ReplyDelete
  4. Informasi yang menarik! Software Akuntansi memang sekarang sedang banyak diminati karena penggunaannya yang memudahkan pekerjaan.

    ReplyDelete
  5. Artikel yang sangat informatif dan edukatif untuk beberapa profesional akuntan di Indonesia khususnya. Baca juga Manfaat Software Akuntansi

    ReplyDelete

Post a Comment

Posting Terpopuler

Normalisasi, Denormalisasi, dan Anomali Database

Membuat Fungsi Untuk Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 di MS Access

Format Untuk Field Dengan Tipe Data Number dan Currency di MS Access